Cegah Kenakalan Remaja, Pengabdian Dosen Menyasar Peran Orangtua Dalam Komunikasi Keluarga

SHARE:  

Humas Unimal
foto ist

 

UNIMALNEWS | Lhokseumawe- Dalam upaya mencegah maraknya aski kenakalan remaja, peran dan fungsi komunikasi orang tua sangat penting dalam upaya meminimalisir kenakalan remaja. 

Sebagai salah satu wujud tri dharma perguruan tinggi, pengabdian dosen  merupakan salah satu wujud bakti dari tridharma perguruan tinggi kepada masyarakat. Sehingga menganggap penting kepedulian terhadap persoalan kenakalan remaja tersebut, yakni dengan menyasar peran para orangtua dalam berkomunikasi efektif dengan anak melalui penyuluhan kepada masyarakat.

Kegiatan yang di lakukan di Kantor Desa Blang Pulo, Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe, berlangsung pada Jumat, 20 Oktober 2023, dihadiri oleh masyarakat dan aparatur desa setempat  berlangsung dengan hangat. 

Seperti diketahui, banyak persoalan yang ditimbulkan oleh kenakalan remaja tersebut, diantaranya berupa tawuran, begal ataupun pemakaian narkoba dikalangan muda sehingga menjadi hal yang urgensi diperhatikan, baik oleh pemerintah, masayarakat atau pun akademisi .

Ketua tim pengabdian, Dr.Murtala,SE.M.Si memaparkan, bahwa kecakapan komunikasi sangat efektif dalam keluarga terhadap pencegahan masalah dimaksud. Selain itu, persoalan hukum juga penting yang terkait konsekuesi dan perilaku hukum bagi pelaku ataupun korban dari kenakalan remaja, sesuai undang-undang.

“ Masalah sosial berupa kenakalan remaja adalah menjadi tanggung jawab bersama, sehingga harus berulang kita sampaikan agar tidak salah dalam menyikapinya” ujar ketua kegiatan Dr.Murtala. 

Pada kesempatan yang sama, salah seorang Kaur Desa Fadly, menyampaikan apresiasi nya kegiatan yang dilakukan para dosen. hal tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat Blang Pulo, sebagai salah satu desa binaan Universitas Malikussaleh sehingga menjadi skala prioritas dalam pembangunannya.(mcl)

 


Kirim Komentar