Mahasiswa KKN PPM kelompok 46 ikut Ramaikan Maulid Nabi di Sawang

SHARE:  

Humas Unimal
foto ist

 

 UNIMALNEWS- Krueng Geukuh- Mahasiswa KKN PPM kelompok 46 Universitas Malikussaleh ikut meramaikan acara Maulid Nabi yang diadakan di Desa Kuta Meuligo, Kecamatan Sawang, Aceh utara, Minggu (22/10/2023).

Warga Aceh memiliki tradisi merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad dengan membawa nasi ke Masjid atau meunasah, kemudian dimeriahkan dengan solawat dan Meudike (berdzikir) oleh santri dayah. Tradisi ini telah menjadi kebiasaan turun temurun Masyarakat setempat.

Murdani, selaku Geuchik Desa Kuta Meuligo mengatakan bahwa ia beserta tetua Gampong menyelenggarakan Maulid Nabi SAW berdasarkan musyarawah mufakat dan mereka sepakat mengadakan nya di maulid kedua.

“Saya beserta dengan aparat gampong membuat maulid ini di maulid kedua, teros di maulid ini juga ada meudike anak laki laki dari pengajian Babah Buloh, itu kalo maulid selalu ada, kemudian rencana nya mau di undang Ustad Abdul Somad untuk ceramah, cuman nanti liat dulu situasi dan kondisi nya” tutur Murdani.

Ari selaku ketua kelompok 46 KKN PPM mengatakan bahwa para mahasiswa mengetahui bagaimana adat yang ada di desa ini, agar bisa menambah pengalaman kepada para mahasiswa yang bukan dari aceh.

“Tradisi ini biasanya cuman ada di Aceh, apalagi kalo di desa berbeda dengan di kota, jadi meramaikan Maulid Nabi biar juga sekalian bantu bantu warga dan mengenal warga disini,” ungkapnya. (mcl)


Kirim Komentar