Dosen Unimal Adakan Simulasi Bencana Banjir di Ceubrek Pirak

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal Adakan Simulasi Bencana Banjir di Ceubrek Pirak

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Dosen Universitas Malikussaleh menggelar simulasi banjir  bersama warga di  Ceubrek Pirak, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara, Rabu (25/10/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Geuchik Gampong, Hulaimi, para pemuda sebanyak 25 orang dan aparatur gampong setempat. Kegiatan simulasi bencana banjir ini merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Dosen Unimal yang diketuai oleh dr Teuku Ilhami Surya Akbar M Biomed, dr Hendra WMS MSc, Nanda Savira Ersa MT, dan mahasiswa Fakultas Kedokteran.

dr Teuku Ilhami Surya Akbar mengatakan, kegiatan simulasi ini merupakan serangkaian kegiatan yg sebelum nya sudah dilaksanakan pada 21 Oktober 2023 kemarin..

“Jika sebelum nya kegiatan berfokus untuk edukasi banjir dan alat deteksi banjir, kali ini kegiatan berfokus kepada bagaimana simulasi jika alarm berbunyi,” katanya.

Menurut Ilham, peringatan banjir ini akan berbunyi 2 kali dimana fungsi alarm pertama untuk menandakan siaga dok air sudah mencapai 30 cm dan masyarakat diharapkan melakukan evakuasi, sementara yang kedua sudah mencapai 90 cm atau sepinggang orang dewasa yang sudah menandakan waspada dan dilarang melakukan mobilisasi lagi.

“Jika air sudah memicu alarm pertama dan masyarakat sudah melakukan evakuasi alarm pertama bisa dinonaktifkan dengan memutar ke angka nol di panel pengontrol alarm siaga, dan biarkan alarm waspada tetap menyala untuk mendeteksi ketinggian banjir berikutnya,” ungkap Ilham.

“Jadi fungsi simulasi ini sebagai bagian agar masyarakat bisa waspada,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar