Gali Potensi Lokal Mahasiwa KKN-PPM K-110 Ikut Membuat Atap Rumbia Bersama Warga Seuneubok

SHARE:  

Humas Unimal
foto ist

 

 

UNIMALNEWS | Krueng Geukuh - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 110 Universitas Malikussaleh ikut serta menyiapkan bahan dan membantu pembuatan atap dari daun rumbia di Gampong Seunebok, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, Selasa (24/10/2023).

Dalam rilis yang diterima Unimalnews, salah seorang anggota kelompok KKN 110, Nurul Akhmalia menyatakan bahwa keikut sertaan mereka menyiapkan bahan dan membantu pembuatan atap dari daun rumbia ini sebagai salah satu wujud silaturahmi mereka dengan warga setempat.

Daun dan batang rumbia bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan tentunya menghasilkan nilai jual. Seperti daunnya yang bisa dimanfaatkan menjadi atap rumah atau lainnya sesuai kebutuhan. Sedangkan batangnya bisa diolah menjadi sagu tepatnya tepung sagu. Namun, pengolahannya sedikit rumit karena memerlukan beberapa langkah pengerjaan.

“Daunnya biasanya untuk dijadikan atap rumah dan batangnya bisa juga dijadikan tepung sagu, atap nya di jual atau di pakai sendiri” Ujar bu Umiah

Bu Umiah yang merupakan salah satu warga setempat pembuat atap dari daun rumbia menyampaikan bahwa mahasiswa KKN di ikut sertakan dalam pembuatan kerajinan atap dari daun rumbia.

Ada kesan tersendiri dan pengalaman baru bagi mahasiswa KKN ketika ikut serta dalam menyiapkan bahan pembuatan atap rumah dari rumbia.

Ketua Muhammad Afdha Ryan, yang beranggotakan Nurul Akhmalia, Dyan Anggrea Ningrum, Badratun Nafis, Dara Syahrani Hsb, Muhammad Bintang, Muhammad Dava Rizky, Jumiani, Ira Safitri, Rahmadana, Amarullah, Syifa Della Puspita Octavia, Mirza Farhan, Nurul Nafisa dan Putri Indah Sari Harahap. (mcl)


Kirim Komentar