Dosen Teknik Unimal Berikan Penyuluhan Instalasi Pengolahan Air Limbah Kepada Masyarakat Kecamatan Baktiya

SHARE:  

Humas Unimal
Suasana penyuluhan IPAL oleh Dosen Teknik Unimal kepada masyarakat di Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Tiga orang dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga dosen itu adalah Dr Muhammad, Dr Rinaldi Misra, dan Eri Saputra MS.

Pengabdian yag dilakukan oleh ketiga dosen tersebut adalah penyuluhan tentang instalasi pengolahan air limbah atau sering disebut IPAL. Penyuluhan tersebut dilakukan di Kecamatan Baktiya, tepatnya di Gampong Matang Kelayu. Selain melakukan penyuluhan tentang pentingnya pengolahan air limbah, ketiga dosen tersebut juga melaksanakan simulasi Instalasi Pengolahan Air Limbah Komunal sehingga bisa digunakan nantinya oleh masyarakat.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh 30-an orang tersebut Dr Muhammad menyampaikan tentang  bahwa limbah yang berasal dari jamban sangat berbahaya karena mengandung banyak bakteri dan menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. “Air limbah tersebut banyak terdapat kandungan bakteri E. Colli yang bisa membuat seseorang terserang penyakit misalnya typhus, diare, dan kolera,” terang Muhammad.

IPAL Komunal merupakan pengolahan limbah seperti limbah jamban atau yang lainnya yang  digunakan secara bersama sama. “Komponen IPAL Komunal juga terdiri atas unit pengolah limbah, terdapat juga jaringan perpipaan yaitu bak kontrol dan juga lubang perawatan, kemudian ada juga sambungan rumah tangga,” ujarnya.

Sementara itu, Geuchik Gampong Matang Kelayu, Sofyan, mengatakan sangat senang sekali adanya pengabdian tentang IPAL Komunal ini di gampongnya. “Keberadaan IPAl Komunal ini sangat diperlukan agar menjadikan desa lebih bersih dan ramah lingkungan,” tutupnya.

 


Kirim Komentar