Dosen Fisipol Unimal Gelar Pelatihan Merangkai Ranup Hantaran

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Fisipol Unimal Gelar Pelatihan Merangkai Ranup Hantaran

UNIMALNEWS | Bukit Indah – Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh dibantu oleh beberapa mahasiswa melakukan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat (PkM) melalui pelatihan merangkai ranup hantaran terhadap Ibu PKK Gampong Blang Pulo Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Sabtu (21/10/2023).

Ketua Pelaksana Pengabdian Richa Meliza M.Ant menyampaikan kegiatan ini tidak hanya semata-mata untuk upaya mempertahankan pelestarian budaya Aceh, namun ini juga salah satu cara memperkenalkan ranup modern kepada masyarakat luas. “Jadi, masyarakat tidak hanya tau bentuk ranup yang itu-itu saja. Tetapi ranup ini bisa dikolaborasikan dengan benda lain agar terlihat lebih unik, simpel dan menarik”, ujar Ica.

Sementara itu anggota pelaksana kegiatan lainnya Harinawati MA mengatakan kegiatan ini bukan hanya memberikan pengetahuan baru mengenai pembuatan ranup modern untuk ibu-ibu yang berhadir, kegiatan ini mengajak para ibu-ibu untuk ikut serta berpartisipasi terhadap pembuatan ranup yang diyakini para ibu-ibu juga sudah memiliki lebih dalam pengetahuan dalam pembuatan ranup tradisional.

“Yang menjadi pemandu dalam kegiatan ini sekaligus memberitahukan tahap-tahap pembuatan ranup modern. dengan cara ini, kita dapat membuat ranup secara cepat. Ada beberapa bahan utama dalam pembuatan hiasan ranup modern dapat diganti dengan benda yang tidak akan menghilangkan fungsi dan nilai estetika dari hiasan ranup itu” Ungkapnya.

Lebih lanjut Harina menyampaikan setelah memproduksi akan memasarkan agar mendapatkan keuntungan dari penjualan hiasan ranup. “Saya akan membantu promosikan melalui media sosial dan media massa yang ada”, pungkasnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diketuai oleh Richa Meliza M.Ant dengan anggota Harinawati MA, Aflia Riski M.Ap dan dibantu oleh para mahasiswa. Kegiatan ini menghadirkan para ibu-ibu PKK yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan. [rky]


Kirim Komentar