KKN K-14 Kembangkan Tanaman Toga di Muara Batu

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN K-14 Gampong Panigah, Kecamatan Muara Batu, melakukan penanaman tanaman obat keluarga. Foto : Ist

UNIMALNEWS | Reuleut - KKN Kelompok 14 Gampong Panigah Kecamatan Muara Batu Aceh Utara melakukan pengembangan tanaman obat keluarga (Toga). Kegiatan tersebut dilakukan di lahan gampong di depan Kantor Geuchiek pada Jumat (27/10).

Menurut ketua kelompok, M Agus Setiawan, pengembangan tanaman herbal ini agar membantu warga dalam mendapatkan tanaman obat tradisional seperti kunyit putih, jahe merah, pohon betadine, buah bit, kencur, pandan, lengkuas, serai, dll. "Ada 12 jenis tanaman obat yang telah kami tanam."

Lebih lanjut, anggota KKN lainnya, Nadila Aryani, mengatakan penanaman ini juga di samping bisa digunakan untuk pengobatan ringan juga bisa menjadi bumbu dapur. "Untuk pengelolaan lanjutan akan kami limpahkan kepada ibu PKK, agar proses produksinya berkelanjutan.

Dimintai tanggapannya, Ibu PKK Gampong Panigah, Rahmi, penanaman Toga ini sangat membantu warga terutama kaum ibu. "Dulu sempat ada penanaman Toga, tapi lokasinya di rumah Pak Geuchiek. Bantuan adik-adik mahasiswa Unimal dalam penyemaian bibit ini akan menggiatkan penanaman toga di Gampong Panigah, dan kita tak tergantung pada obat kimia," ungkap Rahmi. {tkf] 


Kirim Komentar