PKM Dosen Unimal Dorong Pengembangan Desa Digital

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal foto bersama sesaat setelah melaksanakan pelatihan teknologi informasi untuk aparatur dan warga Gampong Reuleut Timur, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Jum'at (27/10/2023).Foto;Ist

UNIMALNEWS| Krueng Geukuh - Dalam rangka mendukung pengembangan desa digital yang berkesinambungan, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Malikussaleh mengadakan pelatihan teknologi informasi yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik dan kearsipan di Gampong Reuleut Timur, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara. Kegiatan yang berlangsung pada 26-27 Oktober 2023 tersebut diikuti aparatur dan masyarakat setempat.

Ketua PKM, Fakhrurrazi MSi mengatakan pelatihan teknologi informasi yang dilaksanakan dirinya bersama tim, bertujuan untuk memberdayakan dan memperkenalkan masyarakat terhadap teknologi informasi agar dapat mengelola pelayanan publik dan kearsipan di tingkat desa. “Kegiatan ini,  kita coba memberi panduan praktis dan pemahaman mendalam tentang manfaat teknologi informasi dalam memperbaiki sistem pelayanan publik dan pengelolaan arsip desa,”katanya.  

Menurutnya, selain dirinya ahli di bidang pelayanan pablik, Mutammimul Ula MKom anggota tim lainnya juga punya kemampuan mumpuni di bidang teknologi informasi, sehingga kegiatan tersebut diharapkan mampu mentransformasikan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kepala Urusan Pemerintahan Desa, Reuleut Timur, meluapkan rasa syukur atas adanya dosen yang melakukan pengabdian di desanya berupa pelatihan teknologi informasi. “Dengan memahami teknologi informasi, kami dapat meningkatkan pelayanan kepada warga kami, serta menjaga keamanan dan kerahasiaan data dengan baik,"ungkapnya.

Tambhanya, peserta diajak terlibat aktif dalam diskusi dan lokakarya praktis yang membahas berbagai topik serta penggunaan platform digital untuk administrasi desa, manajemen data yang efisien, dan praktik pelayanan publik. Mereka juga diberikan panduan tentang keamanan data dan bagaimana melindungi informasi penting dari ancaman siber.

Geusyik Gampong Reuleut Timur, Usman AR sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, karena dapat memotivasi aparatur untuk bekerja lebih baik dalam memberi pelayanan prima kepada masyarakat. Apalagi pelatihan ini menciptakan peluang bagi para aparatur desa dan warga untuk memanfaatkan teknologi informasi dengan bijak. Menciptakan efisiensi dalam pelayanan publik dan menjadikan Gampong Reuleut Timur sebagai contoh desa digital yang sukses. “Kita berharap dengan pengetahuan yang mereka peroleh akan membawa perubahan positif. Ini merupakan langkah yang sangat positif untuk mengembangkan desa kami ke arah yang lebih modern dan efisien,"katanya. [ded]


Kirim Komentar