Dosen Teknik Kenalkan ATS dan PLTS Kepada Siswa SMA

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Fakultas Teknik Unimal foto bersama sasaat setelah melaksanakan sosialiasi dan edukasi penerapan sistem autamatic transfer (ATS) kelistrikan PLN dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kesuma Bangsa, Desa Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Sabtu (28/10/23).Foto:Ist

UNIMALNEWS| Krueng Geukuh- Dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh melaksanakan sosialiasi dan edukasi penerapan sistem autamatic transfer (ATS) kelistrikan PLN dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai solusi jika terjadi pemadaman listrik kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kesuma Bangsa, Desa Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Sabtu (28/10/23). Kegiatan ini merupakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang didanai melalui  Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Ketua tim PKM, Selamat Meliala MT yang beranggotakan Dr Syarifah Akmal, Yasir Amani MEng, dan Raihan Putri MEng mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengenalkan energi terbarukan kepada siswa SMA, sehingga mereka punya pengetahuan tentang berbagai energi alternatif. Di samping itu siswa juga dibekali ilmu praktik dengan pelatihan tentang penerapan sistem ATS yang dikonesksikan sistem kelistrikan PLN dengan PLTS. Kegiatan pengabdian juga melibatkan mahasiswa sebagai pemateri pendamping selain dosen.

Menurutnya, saat ini masalah energi menjadi isu global, karena terus terjadi peningkatan konsumsi energi dunia. Laporan rutin  dua tahunan yang dikeluarkan oleh International Energy Agency (IEA) diperkirakan peningkatan konsumsi energi  terus terjadi kenaikan rata-rata hingga 1.6 % setiap tahunnya. Bahkan krisis energi dunia diperkirakan akan terjadi pada tahun 2050. Solusinya untuk mencegah terjadinya krisis energi, maka perlu pemanfaatan energi baru terbarukan sebagai upaya untuk menjaga dan memenuhi kebutuhan energi listriks.

Lebih lanjut, Selamat Meliala mengungkapkan bahwa  dampak kegiatan ini akan memberi edukasi tentang bagaimana mengelola energi dengan baik dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi, misalnya  penerapan ATS antara kelistrikan PLN dan PLTS. Ini dapat menjadi solusi jika terjadinya pemadaman listrik dari PLN, kemudian memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber cadangan listrik.

"Antusiasme dari siswa dan guru sekolah sangat terasa, bahkan banyak yang menyarankan kegiatan seperti ini sering dilakuan Unimal, karena sangat bermanfaat dan memberi wawasan tambahan mengenai pentingnya penggunaan sistem ATS antara PLN dan PLTS," pungkasnya.[ded]


Kirim Komentar