Dosen Unimal Gelar Pelatihan Pencatatan Akuntansi Menggunakan Zahir Accounting

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Prodi Akuntansi Unimal mendampingi staf Cafetaria Cake Bakery dan Brownies, Krueng Geukueh, kecamatan Dewantara Aceh Utara dalam pelatihan membuat laporan keuangan dengan Zahir Accounting. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dosen Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dengan tema “Perancangan Sistem Pencatatan Akuntansi dengan Menggunakan Aplikasi Zahir Accounting pada Cafeteria Cake di Krueng Geukueh”. Kegiatan ini berupa pelatihan dan pendampingan berlangsung selama tiga bulan, dari bulan September  sampai November 2023 yang berlokasi di Cafetaria Cake Bakery & Brownies Gampong Krueng Geukueh Kecamatan Dewantara, Aceh Utara.

Adapun dosen yang terlibat dalam PKM adalah dari Program Studi Akuntansi, yang terdiri dari Muhammad Yusra dan Dy Ilham Satria yang melakukan program pendampingan, serta Muammar Khaddafi yang bertindak sebagai pemateri dalam kegiatan pelatihannya.  Sementara itu, mahasiswa yang ikut dalam tim adalah Taupik Hidayat, Atika Salsabila, Ivo Ariani Syah, Rizka Naida Saputri, dan Syifa Nurfajriah.

Ketua Pelaksana PKM, Muhammad Yusra mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menemukan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi mitra Cafetaria Cake Bakery dan Brownies melalui pendampingan dan pelatihan membuat laporan keuangan dengan Zahir Accounting serta membuat design kemasan produk cake.

“Metode atau pendekatan yang ditawarkan dan telah disepakati bersama dengan mitra pengusaha mikro adalah pelatihan dan pendampingan membuat laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi Zahir accounting, serta membuat kemasan kotak cake dengan design nama dan logo mitra, untuk menambah daya tarik minat konsumen”, ujar Yusra.

Sementara itu, pemilik usaha Cafetaria Cake, Bella mengatakan, pendampingan dan pelatihan yang telah dilaksanakan oleh para dosen dan mahasiswa Universitas Malikussaleh sangat bermanfaat dan memberikan wawasan terkini. Dengan adanya pelatihan komputer akuntansi berbasis software Zahir Accounting, sangat memudahkan dalam membuat pencatatan Laporan keuangan usaha. Namun demikian, Bella mengaku masih belum terbiasa menggunakan aplikasi tersebut dan memerlukan waktu untuk bisa menyesuaikan dengan software-nya.

“Semoga ke depannya, kegiatan ini terus berlanjut agar kami bisa lebih maksimal dalam menggunakan aplikasi ini dalam menunjang kegiatan usaha kami”, harapnya.

Kegiatan ini berlangsung dengan support dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Malikussaleh melalui sumber pendanaan PNBP. [kur]


Kirim Komentar