Mahasiswa Unimal Buat Aplikasi Love Match, Ini Fungsinya

SHARE:  

Humas Unimal

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Mahasiswa Universitas Malikussaleh menciptakan produk berupa sebuah aplikasi penanganan perceraian dan populasi jomblo bernama “Love Match”. Hal ini diangkat dari kepekaan mahasiswa terhadap maraknya fenomena perceraian di Indonesia yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.  Bahkan dari data statistik didapatkan kasus perceraian di indonesia meningkat pesat mencapai angka 447.743 kasus.

Aplikasi ini merupakan kolaborasi Nelly, Hizri dan Ulfa mahasiswa dari Prodi Psikologi dengan Fhadli dan Zeny mahasiswa dari Teknik Informatika. 

Salah seorang mahasiswa, Nelly kepada Unimalnews, Selasa (31/10/2023) mengatakan , dari banyaknya literatur yang mengatakan bahwasanya kepribadian menjadi salah satu faktor penting dalam suatu hubungan.

“Kami melakukan wawancara dengan generasi Z terkait pentingnya kepribadian dalam suatu hubungan pada tanggal 18 Juli 2023 bulan lalu, banyak responden yang mengatakan bahwasanya kepribadian sangat berpengaruh  dalam menjalin hubungan,” katanya.

Sementara, Fhadli juga menyampaikan, proses perancangan dan pembangunan aplikasi dimulai dari tanggal 19 Juli 2023. Aplikasi ini dirancang menggunakan perangkat lunak berupa Figma yang memuat berbagai fitur yang berguna untuk memudahkan pengguna dalam mencari pasangan yang sesuai dengan kepribadiannya.

“Selain itu juga membantu pengguna mengetahui tipe kepribadiannya dengan adanya tes MBTI (Myers Briggs Type Indicator), serta menjadi penanganan pertama untuk orang-orang yang mengalami toxic relationship dan menangani trauma dengan bantuan profesional psikologi, aplikasi ini juga dapat digunakan kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja,” ungkapnya.

Dosen Pembimbing, Dwi Iramadhani menambahkan dengan hadirnya aplikasi ini diharapkan menjadi alternatif dalam menyelesaikan permasalah yang terjadi di masyarakat.[tmi]


Kirim Komentar