Kembangkan Usaha, Dosen Pertanian Unimal Dampingi Para UMKM dengan Model Bisnis Canvas

SHARE:  

Humas Unimal
Kembangkan Usaha, Dosen Pertanian Unimal Dampingi Para UMKM dengan Model Bisnis Canvas

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Tim Pengabdian Universitas Malikussaleh yang terdiri dari Dosen Fakultas Pertanian dan mahasiswa melaksanakan kegiatan Pendampingan Pengembangan Usaha UMKM Baru dengan Model Bisnis Canvas di Kopi Disini, sebuah Coffee Shop yang baru dibuka di Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Jumat, (29/9/2023).

Fadli MSi selaku ketua tim pelaksana mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dan bimbingan kepada pemilik Coffe Shop yang masih baru dalam mengembangkan bisnis mereka. 

“Dengan pendekatan Business Model Canvas, kami memberikan panduan yang komprehensif dalam mengidentifikasi model bisnis, memberikan alternatif perumusan strategi usaha/bisnis di tengah kondisi dunia persaingan usaha, memberikan strategi untuk menghadapi persaingan di industri coffe shop, dan memetakan kondisi bisnis untuk dapat menetapkan strategi terbaik bagi UMKM,” katanya.

Fadli menyebutkan, untuk dapat bertahan pada dunia persaingan usaha tentunya para pelaku usaha memerlukan strategi dan perencanaan bisnis yang matang sehingga kedepannya para pelaku UMKM sukses dalam menjalankan usahanya.

“Kegiatan pendampingan ini mencakup diskusi, serta sesi tanya jawab yang interaktif, pelatihan penyusunan Bisnis Model Canvas untuk UMKM baru, dan Evaluasi dampak kegiatan terhadap pelaku UMKM baru di Aceh Utara,” ungkapnya.

Para peserta dari Coffe Shop Kopi Disini sangat antusias dalam menerima pendampingan ini, dan berharap dapat menerapkan wawasan yang didapatkan untuk pengembangan bisnis lebih lanjut. Tim dari Universitas Malikussaleh juga berkomitmen untuk memberikan pendampingan berkelanjutan kepada pemilik Kopi Disini agar dapat meraih kesuksesan dalam bisnis Coffe Shop.

Mirza selaku owner Kopi Disini menambahkan, kegiatan pendampingan ini diharapkan dapat menjadi contoh positif bagi kolaborasi antara Universitas Malikussaleh dan bisnis setempat, serta berkontribusi positif dalam pengembangan ekonomi di daerah setempat.[tmi]


Kirim Komentar