Cegah Bahaya Bullying, Mahasiswa KKN-PMM K-16 Sampaikan Materi Kepada Siswa SMP Muara Batu

SHARE:  

Humas Unimal
Foto ist

 

UNIMALNEWS | Kreung Geukuh- Mahasiswa/i KKN-PPM XXXIV Universitas Malikussaleh K-16 sukses menggelar Forum Group Discussion (FGD) untuk meningkatkan pemahaman siswa/siswi SMP Negeri 2 Muara Batu tentang bahaya Bullying dan Kenakalan Remaja.

Bertempat di Musholla Sekolah, Kegiatan FGD ini melibatkan sekitar 120 siswa/siswi yang terbagi dalam 16 grup diskusi. Tujuan utamanya adalah memberikan pemahaman yang kuat tentang dua isu krusial ini. 

Pada sesi pemaparan, M. Habibi Al Fadil menjelaskan tentang pentingnya menghindari tindakan bully, dan memberikan pemahaman tentang konsep bullying. Ia juga menyoroti penyebab dan dampak dari tindakan tersebut. 

"Dampak bully bagi korban bisa berbentuk trauma, rasa takut ke sekolah, takut untuk bersosialisasi bahkan mengakibatkan depresi." paparnya. 

Selanjutnya, M. Ardiansyah Sinaga berbicara tentang penyebab dan akibat dari kenakalan remaja, dan memberikan solusi konkret untuk menghindarinya. Ia menekankan perlunya menjadi pintar dan bijak dalam memilih teman agar tidak terjerumus ke dalam kenakalan remaja.

Selama FGD ini, peserta tidak hanya diberikan pemaparan materi yang monoton, tetapi juga diselingi dengan game, hadiah, dan diskusi kelompok. Pendekatan ini bertujuan agar materi yang disampaikan dapat dicerna secara kognitif oleh para peserta dengan lebih baik.

"Biasanya kan sosialisasi isinya materi semua, kalo FGD ini kita tadi diskusi kelompok memaknai sendiri seperti apa itu bully dan kenakalan remaja, jadi lebih paham gitu, tadi juga ada game dan hadiahnya," ungkap Anisa salah seorang peserta.

Sementara itu, guru SMPN 2 Muara Batu, Fatmiati, S.Pd, mengharapkan bahwa Forum Group Discussion ini dapat memberikan pemahaman yang kuat kepada siswa/siswi dan mendorong mereka untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, upaya ini diharapkan dapat membantu mencegah Bullying dan Kenakalan Remaja serta menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat.(mcl)


Kirim Komentar