Mahasiswa KKN-PPM K-141 Ajak Budidayakan Serai Untuk Obat di Kuta Makmur

SHARE:  

Humas Unimal
foto ist

 

UNIMALNEWS | Lhoksukon- Mahasiswa KKN-PPM kelompok 141 Universitas Malikussaleh, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong dengan membudidayakan serai sebagai tanaman obat di Gampong Blang Talon, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Jumat (27/10/2023).

Ketua kelompok 141 KKN-PPM Unimal Akmal Fitriansyah mengungkapkan penanaman serai ini dilakukan karena adanya lahan kosong di sekitar kantor Geuchik yang maish kosng. Sehingga  dimanfaatkan

Anggota kelompok 141  Khatibul Umam menambahkan, tanaman serai dimaksud, selain dapat dijadikan pelengkap bumbu dapur. Juga berguna sebagai obat untuk berbagai jenis penyakit, katanya.  

Saiful Bahri S.E selaku Geuchik Blang Talon mengapresiasi kegiatan yang di buat oleh mahasiswa KKN-PPM kelompok 141.

“ saya sebagai Geuchik mendukung penuh atas proker yang dapat membantu mengembangkan desa dan kami juga sangat senang adanya mahasiswa KKN-PPM di gampong kami.” Ungkapnya

Harapan kedepannya semoga akan meluncurkan ide-ide yang dapat membantu perekonomian warga gampong Blang Talon.

Sementara itu, Dosen DPL bapak DR (Cand). Mulyadi, M.A.  mengatakan,                                                                    kegiatan ini dapat menjadi edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memanfaatkan lingkungan sekitar untuk menanam pohon, sayur serta tumbuhan herbal untuk menjaga lingkungan yang hijau dan asri, katanya.

Sebagaimana diketahui,  Serai atau sereh (Cymbopogon cytratus) merupakan salah satu tumbuhan yang mudah dirawat serta memiliki banyak khasiat yaitu sebagai bumbu dapur, dan bahan alami pengusir nyamuk, Biasanya ditanam oleh masyarakat sebagai tanaman obat di pekarangan rumah. Pengolahan serai bisa dalam bentuk diseduh menjadi wedang serai atau mengolahnya terlebih dahulu menjadi minyak.

Serai tak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur saja tetapi juga terdapat manfaat dan khasiat batang serai untuk Kesehatan seperti Anti kanker, mengatasi diabetes, mengobati anemia, mengatasi bakteri dan jamur, mengatasi masuk angin dan perut kembung, mengeluarkan racun dalam tubuh, menurunkan kolestrol jahat, menguatkan system saraf, mengobati penyakit kulit serta dapat menurunkan tekanan darah. (mcl)

 


Kirim Komentar