Mahasiswa KKN 25 Unimal Lakukan Proses Edukasi Pembuatan Pupuk Bokashi

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 25 Unimal Proses Edukasi Pupuk Bokashi. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Aceh Utara - Masyarakat Desa Gampong Teungoh kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara sangat Antusias dengan Proses Edukasi Pupuk Bokashi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh Kelompok 25, Selasa (10/09/2019) yang dilaksanakan di Menasah Gampong setempat.

Rahmad Zainuddin selaku mahasiswa jurusan Agroekoteknologi kepada Unimalnews mengatakan Pupuk Bokashi (Bahan Organik Kaya Sumber Hayati) sendiri merupakan pupuk kompos yang dihasilkan dari fermentasi bahan organik (jerami, sekam padi, serbuk gergaji dan lain-lain) dengan menggunakan teknologi EM-4 .

"Bahan-bahan untuk pembuatan pupuk bokashi tersebut semua tersedia di Gampong Teungoh diantaranya pupuk kotoran hewan ternak, jerami padi, sekam padi, dan dedak. Mahasiswa berharap dengan diadakannya cara pembuatan pupuk bokashi masyarakat dapat membuat dan memanfaatkan pupuk tersebut untuk tanaman Hortikultura yang ditanam oleh para petani di desa ini,"tuturnya.

Menurutnya, Geuchik Gampong setempat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN dan sebagian masyarakat setelah panen padi, jerami padi hanya dibiarkan saja atau dibakar.

"Pak geuchik berharap pupuk bokashi yang dibuat oleh mahasiswa dapat langsung diaplikasikan ke tanaman sehingga manfaatnya dirasakan langsung oleh petani,"tuturnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 25 Zulpikar SPi MSi mendukung program yang dilakukan oleh mahasiswa KKN.

"Saya berharap agar mahasiswa dapat memberikan inovasi- inovasi terbaru sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat Desa Gampong Teungoh,"harapnya.[tmi]


Kirim Komentar