KKN K15 Edukasi Siswa SDN4 Soal Perundungan

SHARE:  

Humas Unimal
Peeserta KKN K15 berpose bersama siswa SDN 4 Muara Batu, Aceh Utara. Foto : Ist

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Di tengah kekhawatiran maraknya kasus perundungan atau bullying yang di kalangan siswa, mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kelompo 15 Universitas Malikussaleh membuat program tentang itu. Untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang pentingnya etika dan menghindari tindakan bullying, mahasiswa mereka melaksanakan sosialisasi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Muara Batu, Aceh Utara. Kegiatan itu dilaksanakan pada Kamis, (2/11/2023).

Kegiatan anti-bullying ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 6 SDN 4 tersebut. Di antara materi yang diberikan adalah tentang pentingnya menghormati perbedaan, menjaga hubungan yang baik dengan sesama, serta cara-cara penanganan kasus bullying.

Salah satu anggota Mahasiswa KKN K15 Unimal, Ahmad Syafril Efendi, menyampaikan tujuan dari kegiatan sosialisasi ini untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan harmonis. Ia mengungkapkan bahwa perundungan atau bullying dapat berdampak buruk pada korban, baik secara fisik maupun psikologis. Oleh karena itu, Ia berharap melalui sosialisasi ini para siswa bisa lebih peka terhadap tindakan bullying dan mampu menghentikannya.

Salah seorang guru SDN 4 , Zulkarnaini, SPd, menyambut baik kegiatan ini dan mengapresiasi kegiatan anti bullying dan etika kepada siswa. "Saya berharap melalui sosialisasi ini, siswa-siswa dapat memahami betapa pentingnya menghormati satu sama lain dan menjaga suasana belajar yang kondusif di sekolah," ungkapnya.

Selain itu mahasiswa KKN K15 Unimal juga mengingatkan pentingnya etika dalam pergaulan sehari-hari. Mereka memberikan contoh-contoh perilaku yang baik dan sopan kepada siswa, seperti saling mengucapkan terima kasih, menyapa dengan ramah, dan menghormati guru serta sesama teman.

Sosialisasi anti-bullying dan etika ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mencegah dan mengurangi kasus bullying di SDN tersebut. "Kita harap bisa dilaksanakan di sekolah-sekolah lainnya di Aceh Utara ini," Tutup Effendi [tkf]


Kirim Komentar