Mahasiswa KKN-PPM K79 Buat Pelatihan Sabun Cuci Piring Dari Ekstrak Jeruk Nipis Banda Baro

SHARE:  

Humas Unimal
foto ist

 

UNIMALNEWS | Krueng Geukuh - Mahasiswa KKN-PPM Universitas Malikussaleh Kelompok 79 Melaksanakan pelatihan pembuatan sabun cuci piring kepada ibu rumah tangga di Gampong Uleee Nyeue, Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara, Minggu (5/11/2023).

Pelatihan pembuatan sabun cuci piring ini bertujuan untuk menambah wawasan  ibu-ibu di gampong Ulee Nyeu tentang bagaimana cara memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitaran gampong menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bisa digunakan untuk membuat sabun cuci piring, “ ujar Al-Thoriq Amda mahsiswa KKN-PPM Kelompok 79.

Menurut Thoriq, Kegiatan ini sejatinya tidak hanya menambah pengetahuan ibu-ibu gampong Ulee Nyeue melainkan juga dapat meningkatkan perekonomian warga di gampong Ulee Nyeue.” Pada dasarnya kegiatan ini tidak hanya sebagai sosialisasi kepada ibu-ibu di gampong Ulee Nyeue melainkan dengan adanya kegiatan ini kami berharap agar pengetahuan yang telah diberikan dapat dikembangkan di gampong dan juga mendapatkan penghasilan tambahan” ujarnya.

Anggota KKN lain, Nurkholila Harahap menjelaskan bahan yang digunakan dalam pembuatan sabun tersebut. “Sebelum kegiatan dilaksanakan kami menjelasan bahan-bahan yang digunakan serta fungsi dari bahan tersebut seperti bahan kimia yang digunakan yaitu Texapon dan Sodium Laury Sulfat (SLS) serta bahan penambah seperti ekstrak jeruk nipis dan pewarna makanan.” ujarnya

Ibu Geuchik Gampong Ulee Nyeue, Yusra mengutarakan mengapreasiasi diadakannya kegiatan tersebut karena telah memberikan pengetahuan tentang cara pembuatan sabun cuci piring dari ekstra jeruk.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami dapat mengetahui bagaimana cara pembuatan sabun cuci piring menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar dan juga bisa menambah penghasilkan sampingan,” ungkapnya. (mcl)


Kirim Komentar