Dosen Unimal Laksanakan Bimtek Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja bagi Aparatur Gampong Paya Gaboh

SHARE:  

Humas Unimal
Kegiatan bimbingan teknis dosen Unimal di Gampong Paya Gaboh tentang laporan anggaran berbasis kinerja. Foto : Ist

UNIMALNEWS | Reuleut - Dosen Universitas Malikussaleh menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) sistem penyusunan anggaran berbasis kinerja dan laporan pertanggungjawaban realisasi anggaran bagi aparatur Gampong Paya Gaboh, Kecamatan Sawang, Aceh Utara. Pelatihan itu dilaksanakan pada 9-10 November 2023.

Aparat gampong yang terlibat pada pelatihan tersebut adalah geuchik, sekretaris gampong, kepala urusan (Kaur), bendahara, Tim Pengelola Kegiatan (TPK), tuha peut, dan staf yang terlibat dalam pengelolaan dana desa.

Ketua pelaksana kegiatan, Dr Darmawati, MM mengatakan tujuan kegiatan ini adalah memberikan keterampilan teknis (soft skill) kepada aparatur Gampong Paya Gaboh tentang mekanisme penyusunan anggaran berbasis kinerja dan memberikan solusi pada pertanggungjawaban realisasi anggaran gampong.

"Permasalahan yang sering ditemukan dalam pengelolaan dana gampong adalah kemampuan sistem perencanaan dan penyusunan anggaran berbasis kinerja yang masih rendah. Manajemen keuangan gampong belum tertata baik. Hal ini karena aparatur gampong belum memahami mekanisme pertanggungajawaban kegiatan anggaran dan cara membuat laporan yang sesuai dengan sistem transparansi dan akuntabilitas," ungkapnya. 

Geuchik Paya Gaboh, M Zulfahmi, ketika dimintai keterangannya mengatakan bimtek ini penting bagi pengelola dana gampong karena memberikan solusi tentang perencanaan anggaran dan mekanisme laporan administratif pengelolaan dana gampong. "Saya berharap kegiatan kerja sama dengan Unimal terus terjalin. Bagi kami ini juga bukan kegiatan pertama yang dilakukan di gampong ini," tutup Zulfahmi mengapresiasi [tkf]


Berita Lainnya

Kirim Komentar