Dosen Unimal Lakukan Penyuluhan dan Pembuatan Pupuk Hayati di Nisam

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal Lakukan Penyuluhan dan Pembuatan Pupuk Hayati di Nisam

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam bidang pertanian khususnya pemanfaatan lahan pekarangan, Dosen dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh (Unimal) secara langsung memberikan penyuluhan di lapangan  tentang pemanfaatan lahan pekarangan dan Pembuatan Pupuk Hayati  kepada masyarakat di Gampong Meunasah Meucat Kecamatan Nisam, Aceh Utara, Sabtu (21/10/2023).

Pengabdian yang bertemakan  “Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sebagai Peluang Usaha Di Gampong Meucat Kecamatan Nisam Dengan Aplikasi Pupuk Hayati Pada Budidaya Tanaman Hortikultura “.

Dosen Pelaksana Pengabdian tersebut adalah Nazimah MSi, Dr Nilahayati, Safrizal, MSi,  Mahdaliana MSi, dan Sayed Fachrurrazi MKom. Juga hadir mahasiswa yaitu Jefri Kesogihen, Nana Anjelina Aryadilla dan beberapa mahasiswa lainnya.

Nazimah MSi selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan pekarangan secara maksimal menjadi lahan produktif yang bisa menghasilkan produk pertanian khususnya tanaman hortikultura yang nantinya akan menjadi salah satu sumber pendapatan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Semoga dengan adanya kegiatan pengabdian ini masyarakat akan lebih terampil dalam memanfaatkan lahan pekarangan menjadi lahan produktif yang merupakan salah satu sumber pendapatan keluarga, baik untuk dikonsumsi sebagai kebutuhan keluarga maupun secara komersil,” katanya. 

Satu satu aparat gampong, Rajul menyatakan bahwa penyuluhan yang telah disampaikan tersebut sangat bermanfaat untuk masyarakat di Gampong Meunasah Meucat  secara umum. Sehingga lahan pekarangan yang selama ini dibiarkan begitu saja akan menjadi lahan produktif yang bermanfaat baik untuk kebutuhan keluarga maupun secara komersil sehingga bisa menjadi salah satu  pendapatan masyarakat.

“Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut karena sangat bermanfaat bagi masyarakat di Gampong Meunasah Meucat, hal ini dapat dilihat bagaimana antusiasnya masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini,”ungkap Rajul.[tmi]


Kirim Komentar