FH Unimal Sosialisasi Pemilu Bagi Pemilih Pemula

SHARE:  

Humas Unimal
PEMILIH PEMULA - Sekitar 70 pelajar SMA Negri 2 Kesuma Bangsa Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, mengikuti sosialisasi dan pendidikan pemilih pemula yang diselenggarakan KIP Aceh Utara dan Fakultas Hukum Unimal, Sabtu (23/2/2019). Foto: IST.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh dan alumni bersama Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Utara, menggelar sosialisasi pemilu 2019 bagi pemilih pemula. Sosialisasi dan pendidikan pemilih bagi generasi milenial tersebut digelar di SMA Negeri 2 Kesuma Bangsa Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Sabtu (23/2/2019).

Sosialisasi dan pendidikan pemilih antara lain memaparkan sekelumit sejarah pemilu modern, mengapa pemilu penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, serta cara mencoblos yang benar.

“Para pelajar sangat antusias dan kritis dengan proses pemilu yang sedang berlangsung. Mereka antara lain bertanya soal money politic dan cara mencoblos yang benar,” ungkap Ketua Divisi Teknis KIP Aceh Utara, Muhammad Sayuni.

Acara dibuka oleh Pembantu Dekan III Fakultas Hukum Unimal, Dr Faisal SH MH, yang mengingatkan pemilih pemula memiliki peran strategis karena bukan saja jumlahnya sangat menentukan, tetapi merekan juga akan menjadi pemimpin di berbagai bidang, termasuk politik, masa mendatang.

Dr Faisal menyebutkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan sosialisasi pemilu dan sudah digelar di beberapa lokasi. Dia berharap, kegiatan tersebut memberi dampak terhadap peningkatan kesadaran politik generasi muda.

Muhammad Herlin dari alumni FH Unimal, di hadapan 70-an pelajar SMA Negeri 2  Kesuma Bangsa, mengajak semua peserta untuk menggunakan hak pilih pada 17 April mendatang. “Pemilih pemula harus menjadi pemilih kritis, bukan sekadar dijadikan objek politik,” kata Herlin.[zfi]

  


Kirim Komentar