Dosen Fisipol Unimal Geliatkan Penghijauan Kampus

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Fisipol Unimal sedang menanam pohon durian di area fakultas, Rabu (3/1/2024).Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Bukit Indah - Kedua kalinya pada awal tahun ini, dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Malikussaleh melakukan penghijauan kampus dengan menanam pepohonan di sekitar lingkungan fakultas, Rabu (3/1/2024).

Dosen yang terlibat pada penanaman itu adalah Dr Ibrahim Chalid dari Prodi Antropologi, Subhani MSi dan Kamaruddin MIkom dari Prodi Ilmu Komunikasi dan Zulfadli MSi dari Prodi Ilmu Politik.

Dr Ibrahim Chalid menyampaikan penanaman pohon ini merupakan kali kedua yang dilakukan pada tahun ini. "Ada 11 titik lobang yang kami tanam kali ini dan masih di seputaran area fakultas," ujar Ibrahim yang kerap disapa Pak Bram.

Ia jigu mengatakan pohon yang ditanam itu merupakan pohon durian dan alpukat yang berasal dari daerah Aceh. "Bibit durian vaeritas lokal dari Tangse dan Aceh Tenggara kini sudah tumbuk hijau sebanyak 8 batang dan 3 pohon alpokat varitas lokal dari Aceh Tengah," katanya.

Ia mengharapkan semoga penaman pohon ini dapat membawa kedamaian bagi sivitas akademika dan ketentraman bagi lingkungan melalui gerakan pemghijauan terutama di area kampus.

"Kami juga pernah menanam durian area Fisipol tahun lalu. Penanaman itu dilakukan saat memperingati hari penandatangan MOU Helsingki ke 18 pada 15 Agustus 2023," jelasnya.

Sementara itu, Subhani MSi selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fisipol mengapresiasi kegiatan ini dan ikut terlibat langsung ketika proses penanaman dilakukan.

"Ini menjadi kegiatan positif yang berangkat dari kesadaran diri para dosen untuk menjaga lingkungan. Kita mengharapkan pohon yang ditanam ini dapat tumbuh subur sehingga dapat membawa kenyamanan bagi setiap orang ketika berada di Fisipol," terangnya.

Tambah Subhani, penanaman pohon ini dapat membawa pengaruh baik bagi kesehatan lingkungan dan bermanfaat bagi manusia sebagai tempat berteduh.

"Ketika tanaman ini tumbuh dengan baik di masa depan, selain manusia, kita juga akan mendengarkan kicauan burung setiap paginya di lokasi ini dan akhirnya ini menjadi dampak positif dalam merawat ekosistem lingkungan," pungkasnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar