Persiapan SMMPTN Barat 2024 Mulai dilaksanakan

SHARE:  

Humas Unimal
Suasana rapat perdana persiapan SMMPTN Barat 2024 di Jakarta. Foto : Teuku Kemal Fasya

UNIMALNEWS | Jakarta - Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (BKS PTN Barat) melaksanakan pertemuan persiapan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri wilayah Barat tahun 2024 (SMMPTN Barat 2024). Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Atlet Century, Jakarta, Jumat - Minggu (5-7 Januari 2024).

Pada rapat perdana persiapan SMMPTN Barat, sebagaimana disampaikan oleh Ketua BKS PTN Barat, Prof Dr Muriyanto, menyebutkan bahwa pada tahun 2024 ini ada 23 PTN yang telah menyatakan bersedia untuk bergabung pada konsorsium SMMPTN Barat 2024. Namun dalam pertemuan tersebut terjadi dinamika, sehingga pada rapat yang dilaksanakan pada 5 Januari 2024 bertambah dua perguruan tinggi lagi, sehingga menjadi 25 PTN.

Untuk pemilihan ketua SMMPTN Barat 2024 ketua dipercayakan kepada Prof Dr I Nyoman Pugeg Aryanta (Rektor Itera). Adapun untuk wakil ketua dipilih Prof Dr Ibrahim (Rektor Universitas Bangka Belitung/UBB) dan sekretaris Dr. Retno Dwimarwati, S.Sen (Rektor ISBI Bandung).

Sekretaris Pokja SMMPTN Barat, Prof Supriyanto menyebutkan adanya regulasi baru yang dikeluarkan melalui Permendikbud Ristek No. 62 tahun 2023. Salah satunya ada empat prodi pilihan yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa, yang salah satu pilihan adalah pada pusat UTBK yang diikuti oleh mahasiswa. Demikian pula persyaratan mahasiswa yang lulus pada seleksi SNBT yang telah lulus dan telah daftar ulang tidak dapat mengikuti SMMPTN Barat.

"Permendikbud No 62/2024 afirmasi diakui dalam proses seleksi, yaitu mahasiswa kurang mampu, putra daerah, mahasiswa dari daerah khusus, dan calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik atau prestasi lainnya yang berbeda dengan kriteria nasional. Ini merupakan revisi dari Permendikbud Ristek No. 48 tahun 2022," ungkap Prof Supriyanto.

Universitas Malikussaleh sendiri sebagai bagian tim perintis pembentukan SMMPTN Barat juga hadir pada pertemuan itu, yang dihadiri oleh rektor Prof Dr Herman Fithra, ASEAN Eng dan Pokja Unimal, Teuku Kemal Fasya [M]


Kirim Komentar