FP Unimal Lakukan Konservasi Edu Ekowisata Bersama PT Pertamina Patra Niaga

SHARE:  

Humas Unimal
Dekan Fakultas Pertanian, Dr Baidhawi dan Manager Integrated Terminal PT Pertamina Area Sumbagut, Revi Mei Arisandi melakukan penanaman pohon konservasi di Kampus Reuleut. Foto : Ist

UNIMALNEWS | Reuleut - Dalam upaya pelestarian keanekaragaman hayati, Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melakukan kerja sama dengan PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Integrated Terminal Lhokseumawe dalam melakukan kegiatan pengelolaan area konservasi bersama. Kegiatan itu dilaksanakan pada Kamis (4/1/2024).

Kegiatan itu diawali dengan penanaman pohon konservasi bersama secara simbolis oleh Dekan FP, Dr Baidhawi, SP,MP dan Revi Mei Arisandi selaku Integrated Terminal Manager Lhokseumawe. Penanaman pohon konservasi yang dilakukan antara lain pohon jernang, gaharu dan palem ekor ikan. 
 

Selain penanaman pohon konservasi pada area Fakultas Pertanian juga dilakukan penangkaran burung Merak Biru dan burung Serindit Melayu yang merupakan fauna konservasi. Baidhawi menjelaskan tujuan kerjasama ini yaitu untuk menjadikan kawasan konservasi flora dan fauna di lahan kampus Universitas Malikussaleh sebagai daerah edukasi dan ekowisata kampus bagi masyarakat, mahasiswa, dan pelajar pada umumnya.

Sementara itu, Revi Mei Arisandi dari Pihak Pertamina berharap dengan adanya kegiatan ini dapat bersinergi antara masyarakat kampus pertanian dan Pertamina untuk tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan memanfaatkan lahan kampus sebagai wilayah konservasi flora dan fauna. Wilayah yang  dapat dikonservasi wilayah lebih kurang 60 Hektare.

Ruang lingkup kegiatan ini meliputi pengembangan mekanisme komunikasi dan koordinasi, program pemberdayaan masyarakat berbasis konservasi edu-ekowisata dan pengadaan serta peningkatan sumber daya manusia. 
 

Pada kesempatan itu, Baidhawi juga menjelaskan kegiatan ini juga didukung pimpinan Universitas Malikussaleh agar siap membantu demi terwujudnya area konservasi di lingkungan Universitas Malikussaleh. "Kawasan konservasi ini diharapkan dapat dinikmati oleh berbagai pihak baik sebagai sarana edukasi, rekreasi serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar," tambahnya lebih lanjut [tkf]


Kirim Komentar