Lima Mahasiswa Pertanian Unimal Ikuti PKL di IP2SIP Gayo

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Prodi Agroekoteknologi Serah Terima Mahasiswa PKL Dengan IP2SIP Gayo

UNIMALNEWS | Bener Meriah  - Dosen Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melakukan serah terima lima mahasiswa yang akan melakukan Praktek Kerja Lapang (PKL) di Instalasi Pengujian dan Penerapan Standar Instrumen Pertanian (IP2SIP) Gayo, Bener Meriah, Senin (8/1/2024).

Dosen yang melakukan penyerahan tersebut adalah Muhammad Muaz Munauwar MP, Fadhliani MSi, dan Septiarini Zuliati MSi. Sementara pihak IP2SIP Gayo diwakili oleh Ali Amran.

Muhammad Muaz Munauwar mengatakan, IP2SIP Gayo merupakan sub unit kerja dari Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Aceh yang berada di bawah Kementerian Pertanian.

Kegiatan PKL tersebut dilaksanakan selama satu bulan, kelima mahasiswa tersebut akan mempelajari dan praktek secara langsung mengenai cara budidaya kopi hingga sampai proses pengolahan pasca panen nya.

“Saya berharap setelah melaksanakan PKL ini kelima mahasiswa tersebut memiliki pengetahuan dan keterampilan yang utuh terkait dengan budidaya dan pengolahan pasca panen kopi,” kata Muaz.

Perwakilan IP2SIP Gayo, Ali Amran menyampaikan, di IP2SIP Gayo terdapat 43 varietas kopi, dimana masing-masing varietas memiliki perbedaan rasa yang khas.

“Sejak lama kita sudah mengirimkan bermacam-macam bibit varietas kopi dari sini untuk di tanam di berbagai tempat di indonesia. Jadi kalau berbicara pusat penelitian kopi terbesar di Indonesia ya adanya di sini,” ujar Ali Amran.

Di tempat terpisah Ketua Jurusan Budidaya Pertanian, Dr Ismadi mengatakan, pada semester ini ada 187 mahasiswa Agroekoteknologi yang melakukan PKL di 33 tempat yang tersebar di Sumatera Utara dan Aceh. Umumnya mereka melaksanakannya di PTPN dan PT Swasta Nasional dan Internasional.[tmi]


Kirim Komentar