Saat Raker UPT Perpustakaan Perkenalkan Aplikasi e-perpus Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
UPT Perpustakaan Unimal saat presentasi rencana kerja 2024. Foto : Teuku Kemal Fasya

UNIMALNEWS | Banda Aceh - Pada saat pelaksanaan Rapat Kerja Universitas Malikussaleh tahun kegiatan 2024, UPT Perpustakaan memperkenalkan aplikasi e-perpus Unimal. Aplikasi itu untuk memudahkan akses di Perpustakan secara digital.

Demikian salah satu dari rencana kerja yang disampaikan UPT Perpustakaan Unimal, yang dilaksanakan di Banda Aceh, 11-13 Januari 2024.

Kepala UPT Perpustakaan, Dr Muhammad menyampaikan bahwa perpustakaan Unimal saat ini telah mendesain model perpustakaan yang  terdigitalisasi. "Kami ingin memudahkan pelayanan dan mendekatkan sivitas akademika dengan perpustakaan."

Lebih lanjut Muhammad mengatakan bahwa saat ini Perpustakaan Unimal juga telah memiliki buku-buku ajar dan referensi untuk pengayaan pembelajaran yang cukup representatif. "Pengadaan buku-buku kita lakukan tiap tahun termasuk pada tahun ini. Buku-buku e-book yang berbahasa Inggris pun telah cukup memakai, telah lebih 1000 judul," lanjut mantan Dekan Fakultas Teknik Unimal itu.

Sementara Pustakawan Ahli Muda UPT Perpustakaan, Sri Rejeki, menambahkan  strategi pengembangan untuk tahun 2024 direncanakan berbasis inklusi sosial. Tujuannya Perpustakaan bukan hanya sebagai tempat untuk meminjam atau membaca buku, tapi juga menjadi pusat kegiatan mahasiswa. "Perpustakaan juga harus mampu mengajarkan keterampilan yang bertujuan membangun nilai lebih mahasiswa. Hal ini akhirnya mereka terinspirasi untuk berwirausaha dengan tetap mengedepankan potensi lokal, seperti mengajarkan cara membuat kue atau makanan tradisional Aceh," ungkapnya.

Terkait penggunaan e-perpus Unimal, Sri mengatakan program ini sudah diluncurkan sejak akhir 2022, dan kembali disosialisasikan agar semakin banyak sivitas akademika menggunakannya. "Kami sudah melakukan sosialisasi di media sosial dan juga pada saat PPKMB 2023 kami perkenalkan kepada mahasiswa baru. Cara menggunakan harus memiliki email berbasis unimal.ac.id ketika aplikasi berhasil di-downloaded dari Playstore. Setelah diaktifkan oleh admin otomatis bisa mengakses e-booknya," tambah Sri. 

Di samping UPT Perpustakaan, Raker Unimal ini melibatkan seluruh unit kerja yang berjumlah 22 buah. [tkf]


Kirim Komentar