Sepuluh Mahasiswa Agroekoteknologi Unimal Ikuti PKL di UPTD Benih Induk Hortikultura Gedung Johor Medan

SHARE:  

Humas Unimal
Sepuluh Mahasiswa Agroekoteknologi Unimal Ikuti PKL di UPTD Benih Induk Hortikultura Gedung Johor Medan

UNIMALNEWS | Medan - Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melakukan Praktek Kerja Lapang (PKL) di UPTD Benih Induk Hortikultura Gedung Johor Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Medan, Provinsi Sumatera Utara, Selasa  (23/01/2024).

Kegiatan ini melibatkan 10 mahasiswa yaitu  Nora zarahmi, Musyrifa asra, Mira Mauliza, Raudha Tunnisa, Khairul Fahmi Ritonga, Dwi ramdanu, Khairil Munthe, Fahkrulrazy, Ansaruddin, dan Panca Nughraha. Mereka dibimbing oleh Faisal MSi, Latifah MSi, dan Nelly Fridayanti MSi,

Khairul Fahmi ritonga mengatakan, PKL ini dapat menambah wawasan serta pengenalan lebih spesifik tentang budidaya hortikultura (buah-buahan) dari pemeliharaan, perbanyakan tanaman(dengan metode stek,cangkok, okulasi, sambung pucuk), dan pengendalian hama penyakit.

"Pelaksanaan PKL ini akan berlangsung selama satu bulan dimulai sejak tanggal  15 Januari - 15 Februari 2024, " katanya.

Ir Muddin Dalilmunthe MP Selaku kepala UPT. BIH Gedung Johor menyampaikan selamat bergabung di UPTD tersebut.

“Mahasiswa sudah mulai melaksanakan PKL di UPTD Benih Induk Hortikultura, dimana para mahasiswa sudah melakukan kegiatan Sambung pucuk, Stek, cangkok, okulasi, perawatan bibit, pemeliharaan pohon induk dan budidaya sayuran," ungkapnya.

Adapun komoditi yang diutamakan di UPTD Benih Induk Hortikultura Gedung Johor Medan

- Durian, jambu air, kelengkeng, rambutan, buah naga, alpukat, dan jambu biji. Pengendalian jamur pada tanaman durian yang telah disambung pucuk dengan penyemprotan fungisida antracol yang dilakukan dengan semprot mekanis

Fitri Yenti SP, selaku koordinasi lapangan menambahkan di UPTD ini melakukan dua kali dalam seminggu penyemprotan dalam pengendalian jamur.

"Semoga Kegiatan PKL ini bermanfaat bagi mahasiswa-mahasiswi Program Studi Agroekoteknologi," tutupnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar