Mahasiswa Agroekoteknologi Unimal Ikut PKL di di PT Socfin Indonesia Bangun Bandar

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Agroekoteknologi Unimal Ikut PKL di di PT Socfin Indonesia Bangun Bandar

UNIMALNEWS | Serdang Bedagai - Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi, Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh Melakukan Praktek Kerja Lapang (PKL) di PT Socfin Indonesia (Socfindo) Bangun Bandar, Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Rabu ( 30/1/2024 ).

Kegiatan ini melibatkan 7 mahasiswa yaitu Yohanes Purba, Wahyu Rizkianto,  Dedi Saputra, Rodista Safitri, Jusmaniar, Bella Tarigan, dan Veni Aulia Sari. Mereka dibimbing oleh Lukman MSi, Dr Ir Muliana, Hendrival MSi, Muhammad Muaz Munauwar MP, dan Dr Muhammad Nazaruddin.

Yohanes purba  mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai awal kegiatan dalam menghadapi dunia pekerjaan terutama dibidang pertanian, selain itu  PKL ini dapat menambah wawasan, pengenalan, dan pengalaman lebih spesifik tentang budidaya tanaman kelapa sawit dimulai dari tahapan pemeliharaan hingga pengelolaan kelapa sawit menjadi CPO.

"Pelaksanaan PKL berada di di PT Socfindo selama satu bulan dimulai sejak tanggal 15 Januari - 15 Februari 2024, " katanya.

Asqiansyah selaku asisten Divisi II  PT Socfindo Bangun Bandar menyampaikan, mahasiswa sudah mulai melaksanakan PKL di kantor Divisi II, sudah melakukan kegiatan Pemeliharaan TBM, Pengaplikasian tankos,  manajemen pemanenan, dan teknik pasca panen.

Adapun jenis varietas -varietas yang ditanam di PT Socfindo ialah varietas super mill dan Dura serta pengendalian hama kumbang badak (Oryctes rhinoceros) Dengan dilakukan penyemprotan pestisida cyper Top yang dilakukan secara mekanis kebagian pupus(titik tumbuh nya jaringan muda pada sawit) dan pengendalian hama ini dapat dilakukan secara manual dengan menggunakan cangkul.

“Kami melakukan tiga kali penyemprotan untuk No dan dua kali penyemprotan N1 dalam pengendalian hama Kumbang Badak . Semoga Kegiatan PKL ini bermanfaat bagi mahasiswa-mahasiswi Program Studi Agroekoteknologi Universitas Malikussaleh," tutupnya [tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar