Mahasiswa Agroekoteknologi Praktek Assisted Pollination di PTPN lll Kebun Tanah Raja

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa PKL Agroekoteknologi Praktek Assisted Pollination di PTPN lll Kebun Tanah Raja

UNIMALNEWS | Serdang Bedagai - Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi Jurusan Budidaya Pertanian Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) di PTPN lll Kebun Tanah Raja, Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Kegiatan Praktek Kerja Lapang diikuti oleh 6 mahasiswa yaitu Rizka Dwi harianti, Julia Maharani, Surya Darma Sipayung, Sri Era Wati , M.rinaldi Ario Seno, Dicky Hermawan.

Kegiatan PKL ini dilaksanakan selama 1 bulan, mulai dari 15 Januari 2024 sampai 15 Februari 2024.

Karman selaku mandor menjelaskan pada minggu pertama mahasiswa pkl melakukan kegiatan ASPOL (Assisted Pollination). Aspol merupakan kegiatan penyerbukan serbuk sari jantan ke bunga betina pada tanaman kelapa sawit.

“Bahan yang digunakan dalam kegiatan ini berupa serbuk sari kelapa sawit dan tepung talkum yang dicampurkan dengan perbandingan 1:4," katanya.

M. Rinaldi ario seno selaku ketua PKL menyampaikan, kegiatan aspol ini dilakukan pada pagi hari pada pukul 8 sampai dengan pukul 11 jelang siang. Pengaplikasian Aspol dibantu menggunakan alat buatan oleh mandor berupa tabung yang dihubungkan dengan pipa dan galah panjang yang fungsinya untuk menjangkau bunga betina kelapa sawit.

"Melalui kegiatan pengaspolan kami sebagai mahasiswa PKL dapat mengetahui tahapan penyerbukan kelapa sawit," tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar