Peduli Terhadap Petani, Mahasiswa Teknik Unimal Bagi POC Gratis 

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Teknik Unimal gagi POC gratis kepada masyarakat di Kabupaten Bener Meriah. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Bener Meriah - Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh yang sedang mengikuti program Desa Binaan Mahasiswa Teknik (Desbimtek) membuat pupuk organik cair (POC) untuk petani di Desa Pondok Ulung, Kabupaten Bener Meriah, Sabtu (17/02/2024).

Pembuatan POC itu dilakukan oleh kelompok satu yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pertanian organik dan penggunaan pupuk organik yang ramah lingkungan.

Elsa Sibolon salah satu anggota kelompok mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program kerja yang telah diusung oleh kelompoknya. 

"Salah satu program kerja kami adalah membuat POC untuk para petani di Desa Pondok Ulung. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pertanian di desa tersebut," ungkapnya.

POC merupakan pupuk organik yang terbuat dari bahan-bahan alami yaitu sayur-sayuran hijau. POC memiliki banyak manfaat bagi tanaman, seperti meningkatkan kualitas tanah, memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan kandungan nutrisi untuk daun dan bunga.

"Proses pembuatan POC dilakukan dengan cara mengumpulkan bahan-bahan organik dari sayur-sayuran hijau dan dicampurkan dengan cairan EM4. Bahan-bahan tersebut kemudian difermentasi selama 2 minggu hingga menjadi cairan yang kaya akan nutrisi," jelas Elsa. 

Tambahnya, POC itu kami dibagikan kepada warga desa Pondok Ulung secara gratis untuk dapat diaplikasikan pada tanaman. "Dalam pembagian POC, kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai cara penggunaan POC yang benar dan efektif," terangnya. 

Selain itu, kelompok kami juga memberikan informasi mengenai manfaat dari pertanian organik dan dampak positifnya bagi lingkungan.
"Dalam proses pembuatan dan pembagian POC, kami juga melibatkan masyarakat untuk ikut serta. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pembangunan desa," lanjutnya. 

Sementara itu, Sahru salah satu masyarakat desa menyampaikan rasa terima kasih kepada mahasiswa yang telah memberikan POC secara gratis

"Pupuknya langsung saya pakai saja, kebetulan sudah waktunya dipupuk ini sayuran saya," pungkasnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar