Mahasiswa Desbimtek Latih Siswa Buat Sabun

SHARE:  

Humas Unimal
Salah satu mahasiswa Desbimtek berpose dengan siswa SD Negeri Tawar Sedenge setelah acara pelatihan pembuatan sabun cair selesai. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Bener Meriah - Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh yang tergabung dalam kelompok 3 pada program Desa Binaan Mahasiswa Teknik (Desbimtek) tahun 2024 dan ditempatkan di Desa Tawar Sedenge melakukan pelatihan bagi siswa SD Negeri Tawar Sedenge tentang proses pembuatan sabun, Rabu (30/1/2024).

Kegiatan ini dilakukan untuk melatih siswa siswi dalam mengolah bahan-bahan sederhana yang mudah didapatkan menjadi sabun cair yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Fitrah Astian selaku ketua kelompok menyampaikan bahwa kegiatan ini telah didukung penuh oleh kepala sekolah. 

"Kami telah berdiskusi terlebih dahulu dengan kepala sekolah terkait kegiatan ini dan kegiatan tersebut pun didukung oleh kepala sekolah serta guru-guru, sehingga kegiatannya berjalan dengan lancar," jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pelatihan ini dilakukan kepada siswa kelas lima. "Bahan-bahan yang digunakan dalam praktik pembuatan sabun ini ialah texapon, asam cuka, jeruk lemon, garam, baking powder, dan pewarna. Dengan mencampurkan bahan tersebut dan diadak secara merata maka dapat menjadikan sebuah produk berbentuk sabun cair yang dapat digunakan  untuk mencuci piring," ungkapnya. 

Kepala sekolah, Surya Darma SPd menyampaikan apresiasinya kepada mahasiswa yang telah melaksanakan kegiatan ini. “Kegiatan ini sangat bermanfaat dan bagus untuk menambah ilmu serta pengetahuan para siswa," ujarnya. 

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini bakal diikutsertakan dalam pekan kreatifitas siswa tingkat kabupaten. "Semoga apa yang telah diajarkan kepada adik-adik dapat diterapkan dan diterima dengan baik," pungkasnya.

Pelatihan ini berlangsung dengan sukses dan pada sesi terakhir para mahasiswa membagikan makanan ringan kepada siswa SD. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar