Bagi Calon Mahasiswa, Simak Aturan Berpakaian Saat Mengikuti UTBK SNBT 2024

SHARE:  

Humas Unimal
Pelaksanaan UTBK tahun 2023 di Universitas Malikussaleh. Foto: Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Jakarta - Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau UTBK SNBT 2024 resmi ditutup pada 5 April 2024 lalu. Peserta harus mempersiapkan diri untuk mengikuti tes sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku.

Salah satunya, dengan mematuhi ketentuan outfit atau busana untuk mengikuti tes dari rangkaian Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB 2024). Hal ini perlu diperhatikan agar peserta dapat mengikuti tes dengan lancar dan menghindari diskualifikasi oleh panitia SNPMB.

Adapun pelaksanaan UTBK SNBT gelombang pertama berlangsung pada 30 April dan tanggal 2 sampai 7 Mei 2024. Sementara UTBK SNBT 2024 gelombang 2, akan dilaksanakan pada 14 sampai 20 Mei 2024. Biasanya, panitia SNPMB akan mengunggah rekomendasi pakaian UTBK pada H-1 jelang pelaksanaan tes gelombang pertama.

Dilansir dari dari laman helpdesk SNPMB, sejauh ini baru tertulis ketentuan peserta dilarang mengenakan kaos oblong (T-Shirt) dan wajib bersepatu. Agar tidak salah, berikut aturan berpakaian peserta UTBK yang yang direkomendasikan oleh pihak SNPMB pada pelaksaan tes 2023.

Aturan Berpakaian Peserta UTBK-SNBT yang Direkomendasikan

  1. Siswa wajib menggunakan pakaian yang rapi dan sopan.
  2. Siswa tidak diperkenankan untuk menggunakan pakaian serta alas kaki yang terbuka.
  3. Pakaian tidak boleh mengganggu jalannya tes, seperti memakai jubah yang terlalu panjang hingga menempel ke jalan.
  4. Peserta tidak boleh menggunakan kaos oblong, kecuali kaos yang berkerah.
  5. Peserta tidak diperkenankan menggunakan pakaian denim atau jeans yang tidak memiliki robekan.
  6. Siswa dilarang menggunakan jaket selama UTBK berlangsung.[]

Peserta juga mesti memperhatikan dengan cermat jadwal, lokasi ujian, termasuk alamat kampus, nama gedung, dan nomor ruangan yang tertera di kartu ujian masing-masing peserta. Jangan sampai peserta salah mendatangi lokasi ujian sehingga tidak diperkenankan mengikuti UTBK.

Peserta juga jangan sampai lupa membawa sejumlah dokumen yang harus dibawa. Peserta mesti membawa kartu ujian dan kartu identitas dalam bentuk hardcopy atau tercetak.

Nah, itulah hal-hal yang mesti diperhatikan peserta saat UTBk-SNBT 2024. Semoga informasi ini bermanfaat yaa.[]


Kirim Komentar