Wujudkan Generasi Muda Berkarakter Unggul, AMKI Aceh Adakan Seminar di Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
Wujudkan Generasi Muda Berkarakter Unggul, AMKI Aceh Adakan Seminar di Unimal

UNIMALNEWS | Reuleut - Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) Aceh menggelar silaturahmi dan seminar nasional dengan tajuk ”Penguatan Manajemen Masjid Kampus dan Peran AMKI Muda dalam mewujudkan Generasi Muda Aceh yang Berkarakter Unggul” di  Masjid Sultan Malikussaleh Universitas Malikussaleh, Kampus Reuleut, Aceh Utara, Sabtu (11/5/2024).

 

Narasumber dalam kegiatan itu adalah Prof Dr Iskandar (Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Langsa) yang akan menyampaikan materi tentang ”Manajemen Keuangan Masjid Kampus dan Pemberdayaan Ekonomi Umat”. Kemudian narasumber kedua Dr Alfian MA (Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Malikussaleh) yang akan menyampaikan materi tentang “Peran AMKI Muda dalam mewujudkan Generasi Muda Aceh yang Berkarakter Unggul”.

Ketua Umum PW AMKI Aceh, Ir Sulaiman Ali MT mengatakan, AMKI adalah sebuah organisasi Masjid Kampus yang sudah ada sejak 2004 baik di kampus PTN maupun PTS di seluruh Indonesia dan memiliki Visi menjadikan  masjid kampus sebagai pusat pendidikan karakter calon pemimpin bangsa dalam rangka mewujudkan negara-bangsa yang kuat, bermartabat dan menjadi rahmat bagi semesta alam.

“AMKI Muda memiliki serangkaian program dan kegiatan tingkat Nasional Seperti Jambore Nasional AMKI Muda, Spiritual Camp dan Latihan Mujahid Dakwah (LMD), para mahasiswa AMKI Muda akan bersilaturahmi dan berjejaring dengan sesama mahasiswa seluruh Indonesia bahkan tingkat Internasional,” katanya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unimal yang telah memberi dukungan penuh untuk terlaksana kegiatan silaturahmi Wilayah AMKI Se-Aceh dan seminar Masjid Kampus pada di Unimal,” lanjut Sulaiman.

Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Herman Fithra menyampaikan, agar kegiatan seperti ini terus di kembangkan untuk menjadi wadah dakwah dan silaturahmi mahasiswa Se-Indonesia .

“Tema yang diangkat hari ini tentang karakter, banyak hal yang miris kalau berbicara karakter, apalagi dengan kemajuan teknologi tanpa batas. Kebenaran saat ini tidak lagi berbasis data, tepi memunculkan persepsi atau pendapat yang terkadang tidak seperti yang dibicarakan. maka dengan adanya AMKI ini semoga bisa menyampaikan kebenaran, berdakwah, dan bisa mengubah karakter mahasiswa untuk berpikir yang lebih baik,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr Azhari, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Alfian MA, Direktur STIT Al Hilal Sigli, Dr Syarifah Rahmi MAlcom, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan an Kerja Sama IAIN Langsa, Prof Dr Dr Iskandar dan perwakilannya, Dr Mahyiddin, M. Yahya MSi, serta mahasiswa AMKI.

Kemudian perwakilan Universitas Samudra, Dr Usman MPd dan mahasiswa AMKI Muda UNSAM Langsa, Politeknik Lhokseumawe diwakili oleh M. Nasir MPd, Khairil Fata MA dan mahasiswa AMKI. Selanjutnya, Universitas Al Muslim Bireuen diwakili oleh Dr (Cand.) Muhammad Rijal MA, Dr Muhammad Iqbal dan mahasiswa AMKI. 

Institut Seni Budaya Indonesia – Aceh (ISBI Aceh): Dr (Cand.) Saifuddin A. Gani, MA dan AMKI Muda ISBI Aceh Imam Wahyudi dan Badrul Muklishin.

Universitas Syiah Kuala diwakili oleh Fathurrahmi MSi dan Enzus Tinianus MH. Universitas Teuku Umar dihadiri oleh Ir. Sulaiman Ali MT (Ketua Umum PW AMKI Aceh),  Samwil MA MSos, dan AMKI Muda UTU.[tmi]


Kirim Komentar