Dua Tahun Berturut-turut Mahasiswa Unimal Menjadi Duta Bahasa Provinsi Aceh

SHARE:  

Humas Unimal
Muhammad Sayuti, Mahasiswa Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh.

UNIMALNEWS | Banda Aceh - Mahasiswa Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh, Muhammad Sayuti berhasil meraih juara pertama sebagai Duta Bahasa Provinsi Aceh tahun 2024 yang diumumkan pada malam penobatan di Hotel Ayani Banda Aceh, Sabtu (25/5/2025). 

Penobatan itu telah membawanya menjadi Duta Bahasa Provinsi Aceh 2024. "Alhamdulillah saya mendapatkan kesempatan menjadi Duta Bahasa Provinsi Aceh pada tahun ini, dan pada tahun 2023 sebelumnya perwakilan Teknik Informatika Unimal Rafli Al Thoriq Mustafa juga mendapatkan kesempatan tersebut, ini menjadi suatu hal yang sangat membanggakan bagi saya, dimana perwakilan Unimal dapat menempati posisi juara 1 dalam dua tahun berturut-turut," terang Sayuti melalui rilis yang diterima Unimalnews, Kamis (30/5/2024).

Ia menjelaskan bahwa proses seleksi dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu seleksi berkas, seleksi konten video, seleksi artikel kebahasaan  dan seleksi melalui wawancara.

"Semua seleksi saya jalankan dengan penuh semangat dan motivasi sehingga membuat saya bersungguh-sungguh dalam seleksi tersebut," ungkapnya.

Lanjut Sayuti, dari hasil seleksi artikel kebahasaan dan wawancara menghasilkan 10 pasang finalis dalam ajang pemilihan ini. "Alhamdulillah saya salah satu dari 10 pasang finalis tersebut yang berhasil masuk sepuluh besar dari seratusan yang mendaftar," jelasnya.

Kemudian, tambah Sayuti, 10 pasang finalis ini dipertandingkan kembali melalui masa Pra-Karantina dan Karantina di Balai Bahasa Provinsi Aceh dan Hotel Ayani. 

Dalam proses karantina ini finalis bertanding menampilkan dan mempresentasikan krida kebahasaan bersama dengan pasangan, penampilan bakat, wawancara mendalam dan tes UKBI. 

"Alhamdulillah proses seleksi ini membawa saya berhasil berada di posisi pertama dan mengalahkan 9 finalis lainnya, sehingga dinobatkan menjadi Duta Bahasa Provinsi Aceh," imbuhnya.

Sementara itu, penobatan Duta Bahasa Provinsi Aceh dilaksanakan di Hotel Ayani Banda Aceh. Mewakili Pj Gubernur Aceh, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Marthunis, menobatkan langsung Muhammad Sayuti bersama pasangannya sebagai Duta Bahasa Provinsi Aceh. 

Marthunis dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para finalis yang berhasil melewati serangkaian seleksi.

"Saya ucapkan selamat atas pencapaian yang luar biasa ini. Kalian bukan hanya duta-duta potensial, tetapi juga pilar-pilar kebanggaan bagi masyarakat Aceh," pungkasnya. [fzl]


Kirim Komentar