Himatemia Gelar Workshop Kerja Praktek

SHARE:  

Humas Unimal
Himatemia Gelar Workshop Kerja Praktek. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Bukit Indah - Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatemia), Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh adakan workshop kerja praktek (KP) untuk angkatan 2021 sebagai persiapan dalam menjalani kerja praktek ke depan.

Workshop ini diselenggarakan di Aula Cut Mutia dengan dihadiri oleh 124 mahasiswa Prodi Teknik Kimia dengan mengusung tema “Pelatihan Kerja Praktek Bagi mahasiswa Angkatan 2021 sebagai Investasi untuk Masa Depan di Dunia Kerja”, Jumat (21/6/2024).

Ketua Prodi Teknik Kimia, Dr Ir Rozanna Dewi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai kesempatan  mahasiswa untuk  mengaktualisasi ilmu lapangan yang dapat diterapkan oleh mahasiswa nantinya. 

"Kegiatan ini dapat memberikan ilmu seperti apa sebenernya ilmu di lapangan yang pasti tidak sama dengan kita belajar di kelas," terangnya.

"Saya harapkan dengan KP ini memperoleh ilmu dasar lapangan dimana kita akan liat secara real bagaimana industri itu sendiri  dan bagaimana  proses di industri. Selain itu, kalian harus bisa mendapatkan  informasi  yang lebih dari sekedar KP saja, jalinlah hubungan baik kepada perusahaan,” tambahnya. 

Jibran Atasea selaku Ketua Umum Himatemia dalam sambutannya mengharapkan agar kegiatan workshop ini dapat menjadi dasar dalam memperkuat pengetahuan ketika terjun ke lapangan nantinya. 

"KP sebagai jembatan teori pada mata kuliah lapangan. Banyak hambatan yang didapat dari perkuliahan bersifat statis yang mungkin berbeda di lapangan. Dengan adanya workshop KP ini dapat memberi gambaran mekanisme di lapangan yang akan disampaikan oleh pemateri yang berpengalaman yaitu dosen kita Pak Rizka Mulyawan dan dari angkatan sebelumnya,” jelasnya.

Rizka Mulyawan MAdv selaku dosen Prodi Teknik Kimia dalam materinya memberikan penjabaran terkait administrasi kerja praktek, mekanisme KP dan SOP laporan. 

Ia menjelaskan bagaimana mekanisme dalam menjalankan kerja praktek mulai dari pengiriman surat hingga kerja praktek selesai.

"Terkait mekanisme dan Administrasi, dalam hal ini kalian sudah mendapatkan  kejelasan  mengenai jadwal dan balasan kp, yang perlu kalian perhatikan kalian harus membicarakan dan memberitahukan  kepada dosen pembimbing mengenai dimana dan kapan dilaksanakan KP,” ujarnya.

Selain itu, Rizka Mulyawan juga menjelaskan beberapa agenda kegiatan dari minggu pertama hingga minggu keempat ketika melaksanakan KP.

"Minggu pertama akan diinduksi mengenai K3 dan lingkungan sekitar perusahaan, disitu kesempatan  kalian untuk  mengingat kembali pelajaran apa aja terkait dengan bidang di perusahaan, mana yang cocok, bahasa lainnya kalian itu kepo terhadap dunia industri,” imbuhnya. 

Narasumber dari angkatan 2020 yang hadir pada kegiatan ini membahas pengalaman mereka ketika menjalankan KP. Mereka berbagi pengalaman masing-masing terkait kerja praktek pada berbagai industri, yaitu industri minyak dan gas, pupuk, semen, dan PKS (Pabrik Kelapa Sawit). [fzl]


Kirim Komentar