Mahasiswa KKNT Unimal dengan Puskesmas Gelar Posyandu dan Posbindu di Ceubrek 

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKNT Unimal dengan Puskesmas Gelar Posyandu dan Posbindu di Ceubrek. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Semangat pengabdian dan kepedulian terhadap kesehatan masyarakat kembali ditunjukkan oleh kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Malikussaleh.

Sebanyak 12 mahasiswa KKN berkolaborasi dengan Puskesmas Kecamatan Lhoksukon serta kader Posyandu dan Posbindu untuk menyelenggarakan kegiatan kesehatan terpadu di Gampong Ceubrek, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (11/7/2024). 

Berdasarkan rilis yang diterima Unimalnews, para mahasiswa tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu Jakarta, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Utara, dan Aceh. Keberagaman wilayah ini menunjukkan keberagaman latar budaya yang dibawa sehingga memperoleh kekompakan untuk bekerjasama melaksanakan kegiatan bulanan ini. 

Muhammad Andre Naufal, selaku ketua kelompok mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan, mencakup layanan Posyandu untuk ibu dan anak dan Posbindu untuk lansia. 

"Lebih dari 40 ibu beserta anak-anaknya memadati area Posyandu, antusias masyarakat untuk memeriksakan tumbuh kembang dan melakukan imunisasi cukup aktif," terangnya. 

Sementara itu, para lansia, kata Andre tidak kalah bersemangat mengikuti pemeriksaan kesehatan dan konsultasi. 

"Mereka mengantri untuk diukur tekanan darah dan cek kesehatan lainnya," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa pada kesempatan tersebut dirinya memerikan ilmu tambahan kepada para ibu-ibu terkait dengan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) bagi anak.

"Saya merasa sangat senang dan bersyukur bisa berbagi pengetahuan dengan ibu-ibu di sini. Mereka sangat aktif bertanya dan terlihat sangat antusias untuk mendapatkan informasi tentang gizi anak," ungkap Andre.

Lanjut Andre, selain edukasi MPASI, kami juga memberikan penyuluhan tentang Keluarga Berencana (KB). 

"Materi ini disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami, diselingi dengan diskusi interaktif yang membuat suasana semakin hidup," jelasnya.

Mahasiswa KKN saling berbagi tugas untuk mensukseskan kegiatan ini. Pada stan pencatatan data awal ditangani oleh Nur Balqis. 

Sementara pada stan antropometri anak terbagi dalam beberapa tugas, yaitu ditangani oleh Eka Junaida HR mengukur berat badan anak, Dara Ariba Nadiva AYK mengukur tinggi badan, dan Muhammad Yasin mengukur lingkar kepala anak. 

Data antropometri anak-anak kemudian direkap oleh Cut Maudissa Shifa Shafira. 

Edukasi tentang Makanan Pendamping ASI (MPASI) disampaikan oleh Muhammad Andre Naufal, sementara konseling MPASI dilakukan oleh Adlin Aziz Zein. Stand pemberian Makanan Tambahan (PMT) anak dikelola oleh Aris Salman Farizi.

Pada bagian Posbindu, stand pendaftaran ditangani oleh Alyifia Yulia Maura Pulungan, sedangkan pengukuran dilakukan oleh Febby Fadya Febyola. 

Pemeriksaan kesehatan di Posbindu dipimpin oleh Shalsa Putri Gustina, dan edukasi serta PMT Posbindu diberikan oleh Maira Munawwarah.

Salah satu kader Posyandu, Iros Pinem mengapresiasi kontribusi mahasiswa KKN dalam kegiatan ini. 

"Kehadiran mahasiswa ini sangat membantu kami dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lebih optimal," jelasnya.

Sementara itu, Geuchik Gampong Ceubrek mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas kontribusi mahasiswa dalam kegiatan Posyandu dan Posbindu di gampongnya. 

"Kami sangat berterima kasih atas dedikasi mahasiswa KKN Unimal. Kegiatan Posyandu dan Posbindu seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami, terutama dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan ibu, anak, dan lansia," tuturnya.

Salah satu anggota kelompok, Maura, mengungkapkan apresiasinya terhadap antusiasme masyarakat dalam mengikuti kegiatan ni. 

"Kami tidak menyangka respon masyarakat akan sebaik ini. Mereka sangat terbuka dan ingin tahu. Ini membuat kami semakin bersemangat untuk memberikan yang terbaik selama masa pengabdian di sini," pungkasnya.

Mahsiswa KKNT FK Unimal ini dibimbingan oleh dr Sri Wahyuni MSc selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). [fzl]


Kirim Komentar