Mahasiswa Fakultas Teknik Luncurkan Tablet Effervescent dari Ekstrak Daun Cep-cepan

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Fakultas Teknik Luncurkan Tablet Effervescent sebagai regenerasi sel beta pankreas dan Menstabilkan Kadar Gula Darah dari Ekstrak Daun Cep-cepan

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh berhasil meluncurkan tablet effervescent berbahan ekstrak daun Cep-cepan sebagai solusi inovatif untuk regenerasi sel beta pankreas dan menstabilkan kadar gula darah.

Tim PKM tersebut diketuai oleh Chrisnata Manihuruk dan beranggotakan Icha Irnanda serta Mila Rahmadhani di bawah bimbingan Dr. Muhammad MSc.

Dr Muhammad mengatakan, tim  telah berhasil merumuskan ekstrak daun Cep-cepan menjadi tablet effervescent yang praktis hanya dengan meminum larutan dari tablet ini.

Proyek ini merupakan bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K) tahun 2024 dan didanai oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

“Kami meluncurkan tablet effervescent OneSol untuk membantu meregenerasi sel beta pankreas dan menurunkan kadar gula darah dengan cara yang praktis dan terjangkau," ujarnya.

Icha Irnanda  menyampaikan, OneSol telah melewati uji kandungan daun cep-cepan untuk memastikan khasiat yang optimal sesuai dengan harapan.

“Tim kami mengupayakan formulasi yang tepat agar khasiat dari tablet diabetes dapat memberikan efektivitas maksimal,” katanya, Jum’at (17/5/2024).

Ketua PKM, Chrisnata Manihuru menambahkan, produk ini dikemas secara ekonomis, praktis, dan dengan harga yang terjangkau. "Kami berupaya untuk mendaftarkan produk ini ke instansi pemerintah agar mendapatkan izin edar dan dapat di hilirisasi ke masyarakat luas," ungkapnya.

“kami juga berharap bahwa inovasi ini akan berlanjut ke babak nasional di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-37 tahun 2024,” tutup Chris.[tmi]


Kirim Komentar