UKM Turtle Diving Club Unimal Gelar Pelatihan Pokdarwis di Gampong Pante Paku Bireuen

SHARE:  

Humas Unimal
Sesi swafoto bersama dengan perangkat desa, DISPORAPAR, DLHK, dan DPKP Kab. Bireuen

UNIMALNEWS | Bireuen – Sebanyak 12 mahasiswa Universitas Malikussaleh yang tergabung dalam kegiatan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa Turtle Diving Club (UKM TDC), Kamis (18/7/2024) mengadakan Pelatihan Pokdarwis (Kelompok Masyarakat Sadar Wisata) di Gampong Pante Paku, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen.

Acara ini turut dihadiri oleh otoritas dan jajaran dinas setempat dari kawasan Kabupaten Bireuen, termasuk Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Dinas Pangan, Kelautan, dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup & Kehutanan, serta Camat Kecamatan Jangka.

Kegiatan tersebut diisi oleh pemateri yaitu Ira Safhira MM dari Disporapar,  Mery Morina ST dari DLHK, dan ditutup oleh Anidar, pemateri dari DPKP.

Sekretaris Camat, Juanda Abdullah SE dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya dan dukungan penuh terhadap program yang dilaksanakan di gampong tersebut.

"Ada begitu banyak harapan yang datang dari masyarakat, harapan akan kemajuan gampong dan peningkatan ekonomi warga sekitar dalam mengelola desa menjadi kawasan tempat wisata. Masyarakat yang tergabung dalam kelompok 'Pelatihan Pokdarwis' harus yakin dan serius dalam menjalankan program yang berkolaborasi dengan tim PPK Ormawa ini," jelasnya.

Geuchik Gampong Pante Paku, Muharzimi berharap kehadiran rekan-rekan dari Unimal mampu membawa perubahan terkait problematika yang ada di desa tersebut.

“Saya beserta perangkat gampong lainnya sangat optimis dengan kehadiran rekan-rekan dari Unimal mampu mengangkat gampong kami menjadi tempat wisata yang ramah untuk dikunjungi wisatawan ramai, lautnya sangat indah, kami optimis gampong kami punya peluang bersaing dengan gampong wisata yang ada di daerah lain," tuturnya.

Ketua pelaksana PPK Ormawa, Anggi Agung Hamonangan Hasibuan menuturkan, pihaknya akan terus menjalin kemitraan dan kerja sama lebih banyak lagi dengan dinas setempat di kawasan Bireuen.

“Kami berharap bahwa program yang kami gagas ini mampu menjadi solusi untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat di Gampong Pante Paku," ungkapnya.[tmi]


Kirim Komentar