Mahasiswa KKN Tematik 01 Galakkan Program Pencegahan Stunting di Keutapang

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Tematik 01 Galakkan Program Pencegahan Stunting di Keutapang

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Kelompok 1 Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh mengadakan program taman gizi di Gampong Keutapang Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara.

Sebelumnya, mahasiswa KKN bersama ibu Geuchik telah mengumpulkan benih-benih tanaman yang akan ditanam, seperti benih tomat, kangkung, bayam, jagung, cabai, dan lainnya. Program taman gizi ini dimulai dengan survei lahan pada Jumat (12/7/2024) untuk menilai kelayakan lahan, luas lahan, dan lainnya. Kegiatan dilanjutkan pada hari Sabtu (13/07/2024) dengan proses menanam benih bersama ibu-ibu di gampong tersebut.

Mahasiswa KKN Tematik, Siti Syifa, selaku penanggung jawab taman gizi mengatakan, pukul 09.00 pagi, seluruh tim sudah berada di lokasi dan mulai membersihkan lahan dengan menyapu dedaunan, mencabut gulma, memanen sayur-sayuran yang sudah siap panen, hingga menggemburkan tanah. 

Lanjutnya, proses penanaman dimulai dengan menanam benih tomat dan cabai. Tanah dilubangi dan dicampur dengan pupuk organik terlebih dahulu sebelum ditanam dengan jarak tertentu. Di sisi lain, benih kangkung dan bayam ditaburkan dengan cara mencampurkan benih dengan tanah, lalu ditaburi secara merata sebelum akhirnya disiram dengan air.

"Saya senang melihat ibu-ibu bekerjasama dalam menanam sayur-sayuran pada program ini," ujarnya. 

Salah satu ibu, Habibah, juga menyampaikan harapannya, "Saya berharap semangat saya dan ibu-ibu lain dalam menanam tetap terjaga, sehingga kami semua dapat menghemat pengeluaran sekaligus menghidangkan makanan sehat untuk keluarga," ungkapnya.[tmi]


Kirim Komentar