Mahasiswa KKN-PPM 24 Informasikan Pengurangan Buang Sampah Sembarangan

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-PPM 24 Informasikan Pengurangan Buang Sampah Sembarangan. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 24 Universitas Malikussaleh melakukan pemasangan papan plang edukasi mengenai sampah dan peletakan tempat sampah di Gampong Meunasah Jok, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Minggu (21/7/2024).

Salah satu anggota kelompok, Ardiansyah mengatakan sampah merupakan buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik domestik (rumah tangga) maupun industri. 

"Masalah sampah masih menjadi masalah yang besar bagi sebagian warga. Dengan jumlah penduduk yang selalu bertambah setiap tahunnya, jumlah limbah rumah tangga seperti plastik dan sisa makanan pun semakin tak terkendali," ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa papan plang edukasi berisi tentang berapa lama waktu sampah terurai di dalam tanah sesuai dengan jenis sampah. 

"Papan tersebut sengaja dipasang untuk mengedukasi masyarakat terkait bahaya sampah yang digunakan sehari-hari dan berapa lama akan terurai. Disetiap papanya ditempelin sampah dan penjabaran terkait estimasi waktu untuk terurainya ragam jenis sampah, serta secara langsung mengedukasi masyarakat," jelasnya.

Geuchik Gampong Meunasah Jok, Syukriyadi mengucapkan rasa terima kasih kepada mahasiswa karena telah melakukan edukasi terhadap penanggulangan sampah melalui plang informasi.

"Dengan adanya papan plang edukasi yang dipasang di depan Meunasah Jok, harapannya dapat menambah informasi dan pengetahuan bagi masyarakat untuk lebih peduli akan lingkungan dan membangun kesadaran untuk terus menjaga lingkungan, termasuk tidak membuang sampah di sembarang tempat dan ke depannya masyarakat bisa mulai mengurangi penggunaan sampah yang sulit terurai dan menggantinya dengan bahan ramah lingkungan," jelasnya.

Selain itu, kata Syukriyadi, peletakan tempat sampah di berbagai tempat di Gampong Meunasah Jok yang merupakan salah satu kontribusi yang patut diapresiasi. 

"Ini adalah untuk membuat lingkungan lebih bersih, meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang sampah dan bagaimana hidup bersih dan sehat tanpa sampah," ujarnya. 

M Fikri Jaka Pratama MPsi selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) menyampaikan bahwa tujuan mahasiswa pada kegiatan ini adalah ingin membantu mengurangi membuang sampah sembarangan dengan membangun kesadaran masyarakat desa mengenai sampah.

"Tempat sampah yang diletakkan ini untuk membantu masyarakat melestarikan dan menjaga lingkungan bersih. Mereka dapat menggunakan tempat sampah ini untuk membuang sampah pada tempatnya sehingga mereka tidak membuangnya sembarangan. Begitu juga plang informasi tentang sampah dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait jenis sampah yang lama terurai," tutupnya.

Mahasiswa KKN-PPM kelompok 24 ini terdiri dari Alif Nawwar, Nur Ardiansyah, Heri Yanda, Muhammad Iqbal, M yusuf, Muhammad Zamzami, Annisa Nur Zuhra, Wanda Indriani, Zikra, Ulfa Rahmasari, Tifanny, Syifa Rahimatul Waddah. [fzl]


Kirim Komentar