Mahasiswa KKNT 08 Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Sosialisasi Tanaman Herbal

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKNT 08 Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Sosialisasi Tanaman Herbal. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) kelompok 08 Universitas Malikussaleh selenggarakan pemeriksaan kesehatan bagi para lansia dan sosialisasi tanaman obat di Gampong Nga Matang Ubi, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Jumat (19/7/2024).

Acara ini diikuti sebanyak 58 lansia untuk mendapatkan layanan pemeriksaan tekanan darah, gula darah, dan kolesterol.

Muhammad Rahmad Zainal salah satu anggota kelompok menjelaskan kegiatan pemeriksaan ini dilakukan secara gratis dan berlangsung selama sehari.

"Alhamdulillah kami dapat melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan untuk para lansia di Gampong Nga Matang Ubi. Adapun pemeriksaan yang kami lakukan yaitu pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah dan pemeriksaan kolesterol," ungkapnya.

dr Sri Wahyuni, selaku dosen pembimbing lapangan (DPL), juga turut serta dalam melakukan pemeriksaan kesehatan tersebut. 

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga desa, terutama para lansia yang membutuhkan pemeriksaan rutin," ujar Sri.

Sementara itu sosialisasi tanaman obat dilakukan pada Senin (15/7/2024). Fakhri Bonatua Manurung selaku koordinator kegiatan menjelaskan bahwa sosialisasi tanaman obat ini bertujuan memberikan informasi tentang kandungan, manfaat, efek samping dan cara pembuatan daun salam sebagai obat herbal.

"Selama sosialisasi, warga sangat antusias dalam mendengarkan dan bertanya mengenai daun salam," terangnya.

Pemilihan daun salam sebagai media sosialisasi, kata Fakhri, didasarkan pada hasil wawancara singkat dengan beberapa masyarakat gampong yang menunjukkan bahwa penyakit yang sering diderita oleh masyarakat adalah tekanan darah tinggi, kolesterol dan diabetes. 

"Oleh karena itu, kami berinisiatif menghadirkan obat herbal untuk membantu mengatasi penyakit tersebut. Seusai acara, kami melakukan penanaman 68 batang daun salam di sekitar gampong," tambahnya.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kesehatan dapat meningkat, serta penggunaan tanaman obat sebagai alternatif pengobatan dapat lebih dikenal dan diterapkan di masyarakat," imbuhnya.

Geuchik Gampong Nga Matang Ubi, Sofyan, mengatakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Unimal ini sangat bermanfaat. 

"Mereka tidak hanya melakukan penyuluhan tetapi juga menghadirkan solusi langsung dalam bentuk tanaman daun salam," tutupnya. [fzl]


Kirim Komentar