Upaya Peningkatan Layanan dan Kerja Sama, UPT BKP Unimal Kunjungi UPT Bahasa UNJ

SHARE:  

Humas Unimal
UPT Bahasa, Kehumasan, dan Penerbitan Unimal kunjungi UPT Bahasa Universitas Negeri Jakarta dalam rangka benchmarking pada Selasa (20/08/2024). Foto: Ist.

UNIMALNEWS -Jakarta | Dalam rangka meningkatkan layanan kebahasaan dan upaya penjajajakan kerja sama, Unit Pelaksana Teknis Bahasa, Kehumasan, dan Penerbitan (UPT-BKP) Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan benchmarking ke UPT Bahasa Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Kegiatan berlangsung pada Selasa (20/08/2024).

Dalam kegiatan ini, tim UPT-BKP Unimal yang terdiri dari Kepala UPT, Teuku Kemal Fasya dan Ketua Pokja Bahasa, Kurniawati, diterima langsung oleh Kepala UPT Bahasa UNJ, Tia Ristiawati MHum yang didampingi oleh Staf Divisi Keuangan dan Divisi Digital Marketing.

Dalam kesempatan ini, Tia mengungkapkan bahwa UPT Bahasa UNJ saat ini memiliki beberapa layanan yang diperuntukkan bagi internal UNJ maupun untuk umum. Ia juga menjelaskan bahwa pada tahun 2019, UPT Bahasa UNJ melakukan rebranding dengan penerapan konsep Joylea (Joyful Learning) pada UPT Bahasa.

“Hal ini dimaksudkan untuk membuat pembelajaran bahasa menjadi sebuah hal yang menyenangkan dan menciptakan atmosfir belajar dan bekerja yang lebih santai. Dengan konsep ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi setiap orang untuk belajar bahasa dan juga meningkatkan produktivitas kerja staf,”terangnya.

Lebih lanjut, Tia menjelaskan bahwa hampir semua layanan di UPT Bahasa UNJ saat ini sudah berbasis online, termasuk tes kompetensi bahasa dan kursus-kursus bahasa. Digitalisasi layanan ini sudah berlangsung sejak merebaknya Covid-19 dan berlanjut hingga saat ini karena dirasa lebih efektif dalam segi pelaksanaan dan biayanya.

Kepala Divisi Digital Marketing, , Z.E Ferdi Fauzan Putra MPdT menjelaskan bahwa semua layanan yang ada di UPT Bahasa UNJ bisa diakses informasinya secara online dan pelayanan pendaftaran tes dan kursus serta layanan lainnya dilakukan berbasis website.

“Semua layanan kami sekarang bisa diakses secara online melalui website, dan juga kita mempromosikan layanan kita melalui media sosial seperti Instagram dan kanal Youtube. Saat ini, dibandingkan dengan promosi door to door atau menggunakan media cetak, pemasaran layanan jauh lebih efektif menggunakan media digital. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya pelanggan layanan kami dari promosi melalui media sosial,”papar Ferdi.

Adapun layanan yang ada di UPT Bahasa UNJ antara lain tes kemampuan bahasa asing, termasuk TOEFL ITP, kursus bahasa termasuk BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing), jasa terjemahan, serta proofread.

Sementara itu, Kepala UPT BKP Unimal, Teuku Kemal Fasya mengungkapkan bahwa kegiatan benchmarking ini penting untuk memperbaiki mutu layanan Unit Bahasa pada UPT BKP. "KIta melihat bahwa Unit Bahasa bisa menjadi produk unggulan universitas, termasuk dalam menghasilkan pendapatan, apalagi di era BLU Unimal saat ini,"ungkapnya.[fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar