Dosen Fisipol Unimal Sosialisasi Literasi Kekerasan dan Perdamaian di Kalangan Santri  

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Fisipol Unimal Sosialisasi Literasi Kekerasan dan Perdamaian di Kalangan Santri

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Dosen Jurusan Antropologi dan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui sosialisasi literasi kekerasan dan perdamaian bagi pengurus organisasi santri. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dayah Ulumuddin Uteunkot Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe. Selasa, 20 Agustus 2024.

Ketua pelaksana kegiatan Prof Dr Suadi juga sebagai narasumber dalam materinya menyampaikan tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan literasi kekerasan dan perdamaian bagi pengurus organisasi santri dayah. Sehingga mereka mampu menjadi agen perdamaian yang efektif di lingkungan dayah dan masyarakat sekitarnya

”Melalui kegiatan ini, diharapkan para pengurus organisasi santri di dayah dapat menjadi agen perdamaian yang aktif dan efektif dalam mencegah konflik serta membangun perdamaian di lingkungan dayah” ujarnya.

Sementara itu Wakil Pimpinan Bidang Pengasuhan Dayah Ulumuddin Tgk. Iswan Fauzi dalam sambutannya menyampaikan santri dan literasi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena santri merupakan orang yang sedang belajar, khususnya belajar ilmu-ilmu agama di dayah. Proses belajar pastinya dilalui melalui membaca, berdiskusi, mengkaji, menelaah, menganalisis, dan sebagainya.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, santri tidak hanya menjadi individu yang taat beragama, tetapi juga dapat berkontribusi dalam menciptakan suasana yang lebih damai dan harmonis,” ungkap Tgk. Iswan dalam sambutannya.

 Kegiatan ini mendapat respon positif dari para peserta. “Saya merasa sangat terbantu dengan pelatihan ini. Kini saya lebih memahami bagaimana cara menghindari kekerasan dan berkomunikasi dengan baik,” ujar salah satu santri.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Bapak Iromi Ilham MA dengan melibatkan peserta dari pengurus organisasi santri dayah Ulumuddin dan didampingi oleh Ustaz dan Ustazah pengasuh santri putra dan putri. Selain itu turut hadir pula Ketua Jurusan Antropologi dan Sosiologi Dr Abdullah Akhyar Nasution, para dosen dan mahasiswa Universitas Malikussaleh. [rky]


Berita Lainnya

Kirim Komentar