LP3M Unimal Bersama P2SDM IPB Latih Auditor AMI demi Peningkatan Kualitas Pendidikan

SHARE:  

Humas Unimal
LP3M Unimal Bersama P2SDM IPB Latih Auditor AMI demi Peningkatan Kualitas Pendidikan

 

UNIMALNEWS | Lhokseumawe — Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Malikussaleh melaksanakan pelatihan pendampingan peningkatan budaya mutu perguruan tinggi (Auditor AMI-PT).

Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 28 hingga 31 Agustus 2024 di Gedung Academic Hall Cut Meutia, Kampus Bukit Indah. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara LP3M Universitas Malikussaleh dan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (P2SDM) LKPE IPB University.

Pelatihan ini menghadirkan sejumlah narasumber ahli, diantaranya, Dr Warcito MM., Dr Yudi Chadirin MAgr, dan Prof Dr Pribadiyono (UNHAN). Narasumber ini memberikan materi tentang kebijakan nasional sistem penjaminan mutu perguruan tinggi, pemahaman evaluasi/audit mutu internal, perencanaan AMI (Audit Mutu Internal), serta kompetensi auditor mutu internal sesuai standar ISO 17024.

Kepala LP3M, Syamsul Bahri MSi, menargetkan para auditor yang telah dilatih ini mampu melaksanakan audit secara sistematik untuk menilai tingkat kesesuaian pelaksanaan kegiatan dengan standar mutu yang telah ditetapkan dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

“Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan mutu institusi dan mengurangi risiko ketidaktercapaian standar atau penurunan kualitas,” ujarnya.

Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra ASEAN Eng, turut memberikan harapannya agar kegiatan ini dapat meningkatkan evaluasi terhadap SPMI, sehingga Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan Standar Pendidikan Tinggi dapat termonitoring dengan baik.

“Harapannya, pada tahun 2024 kita dapat mewujudkan 'Unimal Hebat',” tambahnya.

Pelatihan ini diakhiri dengan praktik visitasi dan penyusunan laporan oleh para peserta yang bertujuan untuk memastikan penerapan ilmu yang telah diperoleh selama pelatihan berlangsung.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar