Dosen Unimal Terpilih Kembali Menjadi Pengurus ADJASI

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal Terpilih Kembali Menjadi Pengurus ADJASI. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Denpasar - Dosen Prodi Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Malikussaleh terpilih kembali menjadi pengurus Asosiasi Departemen Jurusan Antropologi Seluruh Indonesia (ADJASI) periode 2024-2026. 

Acara Seminar Nasional, Rapat Kerja dan Kongres ADJASI tersebut berlangsung di Bedrock Hotel, Bali, dari Senin-Jumat (9-13/9/2024).

Perwakilan Unimal yang hadir pada kegiatan itu adalah Dr Abdullah Akhyar Nasution selaku Kajur Antropologi dan Sosiologi dan Ade Ikhsan Kamil MA selaku Koordinator Prodi Antropologi. 

Dr Abdullah Akhyar menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 18 utusan dari Program Studi Antropologi yang ada di universitas di Indonesia dengan total peserta lebih dari 50 orang.

"Alhamdulillah saat memasuki sesi kongres, saya terpilih sebagai pengurus ADJASI periode 2024-2026 bersama teman-teman dari kampus lainnya," terangnya.

Kata Akhyar, dia bukan satu-satunya pengurus yang terpilih kembali, tetapi semua pengurus periode 2022-2024 juga ikut dipilih kembali karena dinilai oleh peserta Kongres ADJASI sukses mengawal program selama periode kepengurusan. 

"Dalam arena kongres forum juga memilih 4 orang pengurus tambahan yang diprioritaskan bagi wakil program studi Antropologi dari wilayah Timur Indonesia," ujarnya.

Ade Ikhsan Kamil yang juga ikut pada kegiatan tersebut menyampaikan ada beberapa poin pembahasan yang diterangkan untuk pengembangan Program Studi Antropologi di Indonesia. 

"Kami juga melaksanakan pengabdian bersama di tiga desa, yaitu di Desa Terunyan, Desa Bayung Gede dan Desa Penglipuran," sebutnya.

Tambah Ade, ketiga desa ini dipilih sebagai lokasi pengabdian karena memang sudah terkenal di mancanegara. 

"Salah satu tradisi unik di desa ini adalah  tradisi pemakaman mayat tanpa dikubur. Lokasi ini juga menjadi lokasi kajian punggawa antropologi Alm Prof James Dananjaya beberapa puluh tahun lalu," tutupnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar