Mahasiswa Psikologi Unimal Edukasi Dampak Merokok Terhadap Kesehatan Tubuh dan Mental

SHARE:  

Humas Unimal
Ketua Program Studi Psikologi sekaligus pemateri, Riza Musni MKes memberi Edukasi Dampak Merokok Terhadap Kesehatan Tubuh dan Mental kepada siswa.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh menggelar psikoedukasi bertajuk "Pencegahan Perilaku Merokok: Mengenali Resiko dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Tubuh dan Kesehatan Mental" pada Jumat (20/9/2024), di SMP Negeri 1 Dewantara. 

Kegiatan ini diinisiasi oleh empat mahasiswa, yaitu Fida Rafalina, Nadia Sulestri, Zakiah Fitri Hasibuan, dan Nurussulha yang dihadiri oleh Ketua Program Studi Psikologi sekaligus pemateri, Riza Musni MKes, Kepala SMP Negeri 1 Dewantara, Witriah SPd, dewan guru. dan 60 siswa SMP Negeri 1 Dewantara.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Dewantara, Witriah, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa Psikologi Universitas Malikussaleh. “Semoga siswa yang mengikuti psikoedukasi ini mendapatkan manfaat dan terhindar dari perilaku merokok," ujarnya.

Nadia Sulestri, mahasiswa Psikologi berharap melalui psikoedukasi ini, para siswa dapat memahami bahaya merokok, baik dari segi kesehatan tubuh maupun mental, dan mampu mengendalikan diri agar tidak terjerumus dalam perilaku tersebut.

“Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi siswa SMP Negeri 1 Dewantara, terutama dalam membangun kesadaran akan resiko merokok dan pentingnya menjaga kesehatan fisik serta mental sejak dini,” tuturnya.

Sebagai pemateri, Riza Musni menjelaskan faktor-faktor yang sering menjadi pemicu kebiasaan merokok di kalangan remaja, salah satunya adalah pengaruh teman sebaya. “Salah satu alasan siswa merokok adalah karena ajakan teman dan keinginan terlihat keren,” jelasnya.

Riza juga memberikan tips bagi siswa untuk menolak ajakan merokok. "Salah satu cara yang efektif adalah dengan memberi alasan bahwa ada kegiatan lain yang harus dilakukan atau langsung menolak dengan menyampaikan bahaya rokok bagi kesehatan tubuh dan psikologis," tambahnya.[tmi]

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar