Mahasiswa Psikologi Unimal Berikan Psikoedukasi tentang Pencegahan Perundungan di SMAN 2 Lhokseumawe

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Psikologi Unimal Berikan Psikoedukasi tentang Pencegahan Perundungan di SMAN 2 Lhokseumawe

UNIMANEWS | Lhokseumawe – Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh (Unimal) menggelar kegiatan psikoedukasi bertema “Mengatasi Perselisihan dan Mencegah Perundungan” di SMA Negeri 2 Lhokseumawe pada Sabtu (28/09/2024). 

Kegiatan ini dipimpin oleh Marsuliani Puspita Sari selaku ketua tim, bersama tiga belas anggota lainnya, termasuk Kyla Shafwa Julia dan Shalwa Namyra sebagai pemateri utama. 

Marsuliani menjelaskan bahwa program ini dirancang untuk membantu siswa memahami bahaya bullying dan memberikan solusi untuk menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan nyaman.

"Kami sangat senang karena kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari pihak sekolah. Harapan kami, siswa dan guru yang mendampingi dapat menerapkan pengetahuan yang didapat untuk menciptakan suasana sekolah yang lebih kondusif," ujar Marsuliani.

Pihak sekolah, yang diwakili oleh Yuniar, mengapresiasi kegiatan ini dan menyebutkan bahwa psikoedukasi seperti ini belum pernah diajarkan dalam kurikulum sekolah. "Kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini, dan berharap siswa/i dapat menerapkan apa yang mereka pelajari," katanya.

Dalam sesi pertama, Kyla memaparkan materi tentang peningkatan coping skill untuk mengurangi kekerasan verbal, sementara Shalwa membahas pentingnya psychological well-being dalam membangun hubungan positif guna mengatasi perselisihan yang bisa memicu perundungan.

Acara dimulai dengan registrasi peserta, dilanjutkan dengan penyuluhan tentang jenis-jenis bullying, dampak yang ditimbulkan, dan upaya pencegahan. Di akhir sesi, siswa diberikan kesempatan menuliskan pengalaman pribadi terkait bullying serta harapan dan pesan penyemangat untuk korban bullying melalui sticky note.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar