Unimal Akan Gelar 4th MICoMS 2024: Inovasi Teknologi untuk Pengelolaan Limbah Plastik

SHARE:  

Humas Unimal
Unimal Akan Gelar 4th MICoMS 2024: Inovasi Teknologi untuk Pengelolaan Limbah Plastik

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Universitas Malikussaleh melalui Center of Excellent Technology of Natural Polymer and Recycle Plastics (CoE Techno-Plast) kembali menggelar konferensi internasional tahunan, yaitu 4th Malikussaleh International Conference on Multidisciplinary Studies (MICoMS) 2024. 

Kegiatan ini mengusung tema besar "Technological Innovation Development of Polymer Material into Environmentally Friendly Plastics Materials", yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan limbah dan sampah plastik.

Konferensi ini akan dibuka langsung oleh Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra ASEAN Eng, dan menghadirkan para keynote speaker dari dalam dan luar negeri yang ahli di bidangnya. Keynote speaker internal antara lain, Dr Rozanna Dewi MSc. (CoE Techno-Plast), Dr Ir. Azhari ASEAN Eng (CoE BRAIN), dan Dr. Ing. Sofyan MT (Manajer Proyek AKSI – ADB). Dari luar negeri, hadir Prof Dr. Luqman Chuah Abdullah (Universiti Putra Malaysia), Benny Ryplida PhD. (University of Oulu, Finlandia), dan Dr Umezurike John (Nigeria Maritime University).

Ketua CoE Techno-Plast, Dr. Zulnazri MT, menyampaikan bahwa jumlah limbah plastik yang dihasilkan masyarakat sangat besar dan pengelolaannya belum optimal. 

"Sampah masih terkonsentrasi di TPA, sehingga menciptakan tumpukan yang menggunung. Inovasi dalam pengolahan limbah plastik sangat diperlukan untuk mengatasi masalah ini," ujar Zulnazri.

Koordinator 4th MICoMS, Ahmad Fikri, menambahkan bahwa konferensi ini akan berlangsung pada 20-21 November 2024 di Aula Cut Meutia Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe secara hybrid. "Selain paparan dari para keynote speaker, konferensi ini juga akan menampilkan presentasi hasil penelitian dari berbagai negara. Kami mengundang para peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka di acara ini," jelas Ahmad Fikri.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini dapat diakses melalui laman ocs.unimal.ac.id.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar