Dosen Unimal Manfaatkan Rain Water Harvesting untuk Ketahanan Pangan di Desa Rayeuk Kareung

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal Manfaatkan Rain Water Harvesting untuk Ketahanan Pangan di Desa Rayeuk Kareung. Foto: Ist.

UNIMANEWS | Lhokseumawe – Dosen Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Desa Rayeuk Kareung, Kota Lhokseumawe dengan tema "Pemanfaatan Rain Water Harvesting untuk Ketahanan Pangan", Senin (30/9/2024).

PkM ini diketuai oleh Nanda Savira Ersa MT dan beranggotakan T Mudi Hafli MT, Dr Abdul Jalil, Dr Laila Nazirah, Zainuddin Ginting MT, dr T Ilhami Surya Akbar MBiomed dan dr Hendra WMS SpP. 

Mereka juga bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Lhokseumawe serta aparatur desa.

Nanda Savira Ersa menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk membantu masyarakat desa mengatasi masalah ketersediaan air, terutama di musim kemarau, sekaligus mendukung ketahanan pangan lokal.

"Program ini dilaksanakan di Desa Rayeuk Kareung, yang dikenal sering menghadapi masalah air bersih. Kehadiran teknologi Rain Water Harvesting, atau pemanfaatan air hujan untuk kebutuhan sehari-hari, diharapkan mampu menjadi solusi jangka panjang bagi masyarakat dalam mengatasi masalah ini," terangnya.

Ia juga menjelaskan perlu untuk memahami pentingnya mengelola sumber daya air yang tersedia, khususnya air hujan, sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan irigasi di musim kemarau. 

"Dengan sistem sederhana ini, kami berharap dapat meningkatkan ketahanan pangan melalui ketersediaan air yang berkelanjutan,” tambahnya.

Sementara itu, Ilyas Idris selaku kepala desa mendukung penuh upaya yang dilaksanakan ini. Menurutnya program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa. 

"Dengan pemanfaatan air hujan, kami tidak lagi harus bergantung sepenuhnya pada sumber air yang terbatas di musim kemarau. Hal ini tentu akan sangat membantu kegiatan pertanian dan kebutuhan air sehari-hari kami," tutupnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar