UKM KSM Creative Minority Gelar Authorship Class untuk Mahasiswa

SHARE:  

Humas Unimal
Pemateri, Arnawan Hasibuan PhD dosen Teknik Elektro Fakultas Teknik

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam bidang kepenulisan ilmiah di kalangan mahasiswa terus digalakkan. Salah satu buktinya adalah UKM KSM Creative Minority Universitas Malikussaleh menyelenggarakan Authorship Class dengan tema "From Ideas to Insights: Mastering Journal Writing" yang berlangsung di Sekretariat DPM Unimal, Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Rabu (3/10/2024).

Siti Haliza, Ketua Divisi Karya Tulis Ilmiah mengatakan, Authorship Class merupakan pelatihan kepenulisan yang bertujuan memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya menulis karya ilmiah dengan baik dan benar. Fokus utama latihan kali ini adalah jurnal ilmiah, yang merupakan bentuk karya tulis penting bagi mahasiswa, peneliti, dan akademisi.

"Acara ini digelar untuk memberikan ilmu kepada mahasiswa dalam menyusun karya tulis ilmiah, yang sangat penting di dunia perkuliahan. Sebagai mahasiswa, kita akan dihadapkan pada penyusunan karya ilmiah seperti skripsi. Harapannya, kelas ini dapat membantu mahasiswa dalam menyusun karya tulis yang memenuhi standar akademik sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis," ujar Siti.

Materi yang disampaikan dalam Authorship Class mencakup berbagai aspek penting dalam penulisan ilmiah, mulai dari pengertian karya ilmiah, struktur penulisan, gaya bahasa, hingga etika kepenulisan. Mahasiswa diajarkan cara membuat jurnal ilmiah yang sesuai dengan kaidah akademik yang berlaku.

“Dengan adanya kelas ini, diharapkan mahasiswa tidak hanya mampu menulis artikel ilmiah dengan baik, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi mereka,” ungkap Siti.

Kegiatan tersebut menghadirkan pemateri, Arnawan Hasibuan PhD dosen Teknik Elektro Fakultas Teknik yang menyampaikan pentingnya menulis karya ilmiah yang baik dan benar sesuai dengan kaidah akademis. Teruntuk para mahasiswa yang akan melakukan penelitian harus benar benar memahami bagaimana cara menulis sebuah karya ilmiah yang terstruktur dan nanti nya bisa di publikasikan dalam sebuah jurnal ilmiah.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar