Dosen Teknik Sipil lakukan Edukasi Ilmu Teknik Pada Siswa SMA

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Teknik Sipil lakukan Edukasi Ilmu Teknik Pada Siswa SMA. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dosen Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh edukasikan ilmu Teknik bidang kontruksi pada siswa-siswi SMA Negeri 1 Kota Lhokseumawe, Senin (7/10/2024).

Kegiatan tersebut merupakan agenda pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh David Sarana MT, Nura Usrina MT, Dr Sofyan dan M Fauzan MT, yang didanai oleh AKSI-ADB Universitas Malikussaleh.

David Sarana sebagai salah satu pembicara utama, pada kesempatan tersebut memaparkan berbagai aspek penting dalam dunia konstruksi, mulai dari desain bangunan, manajemen proyek, hingga teknologi terbaru yang digunakan dalam industri konstruksi saat ini.

"Building Information Modeling (BIM) merupakan salah satu teknologi terbaru dalam mendesain bangunan dan manajemen proyek, sehingga ini tidak dapat dipisahkan dalam keilmuan teknik itu sendiri," ungkapnya.

Dalam kegiatan itu, tim PkM juga melakukan promosi mengenai Program Studi Teknik Sipil. Para siswa diperkenalkan pada berbagai mata kuliah yang akan mereka pelajari di Jurusan Teknik Sipil, serta dukungan fasilitas dan laboratorium yang tersedia di fakultas teknik.

Ketua Jurusan Teknik Sipil, M Fauzan menerangkan bahwa fasilitas dan laboratorium yang tersedia di Prodi Teknik Sipil yaitu laboratorium jalan raya, geo dan hydro teknik dan laboratorium sains dan teknologi konstruksi.

"Prodi Teknik Sipil memiliki keunikan mengunggulkan potensi lokal dalam bidang Pendidikan ketekniksipilan seperti penggunaan dan pemanfaatan material lokal dalam konstruksi, kajian mitigasi kebencanaan yang berpotensi terjadi di wilayah Aceh," terangnya.

Ia juga menerangkan kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian penting untuk mempromosikan keunikan dan daya tarik program studi.

"Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan siswa tentang dunia teknik konstruksi serta menginspirasi mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas di bidang teknik sipil," tutupnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar